Tak pakai tambahan kopi, begini cara memutihkan kulit area bawah mata dengan 3 bahan dapur

Tak pakai tambahan kopi, begini cara memutihkan kulit area bawah mata dengan 3 bahan dapur

Brilio.net - Area bawah mata adalah salah satu bagian wajah yang rentan menghitam. Masalah ini biasa disebut dengan mata panda. Kulit area ini juga sering kali mengendur dan menghasilkan kantung mata. Kantung mata biasanya membentuk kerutan atau kantung hitam pada mata yang akan membuat wajah nampak lesu, kurang bertenaga, seperti tidak merawat diri.

Penyebab munculnya kantung mata ternyata tidak hanya karena kurang tidur. Kantung mata dan area hitam di bawah mata bisa juga muncul akibat konsumsi alkohol yang berlebihan, kelelahan, kurang tidur, kurang minum air mineral, kurang vitamin, kurang sayuran, anemia, merokok, hingga faktor genetik.

Selain itu, kulit gelap di bawah mata juga bisa terjadi karena pertambahan usia dan penuaan. Sebab, seiring dengan usia yang semakin bertambah, penipisan kulit akan terjadi. Begitu pula penurunan produksi kolagen dan jaringan lemak. Akibatnya, pembuluh darah pada area bawah mata akan tampak menonjol dan warna kulit akan terlihat lebih gelap.

Namun, tidak perlu memakai skincare mahal atau makeup tebal, karena kamu bisa mengatasinya dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami. Tak pakai tambahan kopi, karena pemilik akun TikTok @onshopaholicstreetugc pada 10 April 2023, hanya menggunakan 3 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah santan kelapa, teh hijau, dan kunyit.

"DIY Undereye mask (DIY masker area bawah mata)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @onshopaholicstreetugc, Jumat (15/9).

Memutihkan kulit bawah mata dengan 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Biasanya santan kelapa identik sebagai bumbu dapur atau bahan-bahan campuran makanan maupun minuman, namun siapa sangka santan kelapa juga baik digunakan sebagai alternatif kecantikan bagi kulitmu, lho. Salah satunya adalah memutihkan area hitam bawah mata. Bukan tanpa alasan, hal ini berkat kandungan vitamin C dan vitamin E pada santan.

Bahan minuman yang juga dikenal manfaatnya untuk memutihkan area bawah mata adalah teh hijau. Kandungan zat tanin dalam teh hijau akan membantu mengatasi mata panda secara alami. Sedangkan zat antioksidannya mampu membantu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang menjadi penyebab timbulnya kantung mata dan mata bengkak.

Sebagaimana kunyit yang merupakan salah satu rempah dengan manfaat untuk memutihkan kulit. Melansir Best Health, kandungan antiinflamasi yang terdapat pada kunyit mampu mengatasi kemunculan lingkar hitam di bawah mata. Kunyit juga mampu menstimulasi aliran darah di kulit wajah, sehingga lingkar hitam di bawah mata bisa berkurang.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES