Tak pakai suntik atau minum kolagen, ini cara bikin wajah bebas kerutan penuaan dengan 1 sumber karbo

Tak pakai suntik atau minum kolagen, ini cara bikin wajah bebas kerutan penuaan dengan 1 sumber karbo

Brilio.net - Seiring berjalannya waktu, setiap manusia pada dasarnya akan mengalami proses penuaan. Pada kulit, proses penuaan melibatkan penurunan fungsi dan elastisitas akibat berkurangnya produksi kolagen dan serat elastin yang menjadi komponen penting penyusun struktur kulit. Beberapa tanda umum yang menyertai penuaan kulit adalah munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Kesan dari tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan pun bisa diperparah oleh banyak faktor. Terutama oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan peningkatan radikal bebas yang dipicu oleh polusi. Kedua hal ini tidak hanya membuat rusaknya struktur kolagen dan elastin, namun juga memicu menguapnya kelembapan alami yang dimiliki kulit. Hal ini membuat proses stimulasi kolagen dan elastin terhambat sehingga kulit yang lama-kelamaan mengering akan mengerut dan memunculkan garis halus serta keriput setelahnya.

Salah satu metode terkenal yang sering diiklankan untuk mengatasi hal ini adalah operasi suntik atau meminum bubuk kolagen. Suntik kolagen melibatkan penyuntikan kolagen sintetis ke dalam lapisan kulit untuk mengisi kerutan dan lipatan. Sementara, minuman bubuk kolagen dibuat dengan persepsi memasukkan kolagen secara langsung agar dapat diserap dan dijadikan nutrisi tubuh.

Namun begitu, kamu harus tahu bahwa kedua metode di atas tidak dapat dijangkau semua orang. Selain hasilnya bersifat sementara, baik minuman kolagen dan prosedur suntiknya cukup menguras uang. Terlebih, terdapat potensi efek samping dari suntikan tersebut yang justru dapat merusak lapisan kulit dalam prosesnya.

Akan tetapi, kamu tetap bisa mengatasi masalah penuaan dengan cara lain. Kamu bisa mencoba mengandalkan bahan alami yang kandungannya berkhasiat untuk mengatasi masalah penuaan. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran jahe, madu, dan kunyit sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @popxobeauty di Instagram pada Kamis (26/10).

(brl/jad)

tags

STORIES