Tak pakai garam atau soda kue, ini trik atasi plak dan bau mulut dengan obat kumur dari 2 jenis rempah

Tak pakai garam atau soda kue, ini trik atasi plak dan bau mulut dengan obat kumur dari 2 jenis rempah

Brilio.net - Walaupun sudah sikat gigi secara rutin, namun terkadang berbagai permasalahan gigi dan mulut tetap saja muncul. Seperti plak dan bau mulut. Plak gigi sebenarnya adalah lapisan tipis yang terdiri dari beragam jenis mikroorganisme yang menempel pada sela-sela gigi atau gusi.

Mikroorganisme ini kebanyakan berasal dari makanan yang masuk ke mulut kita saat makan. Tanpa pembersihan yang optimal, tumpukan ini lama-lama akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Di dalam plak inilah hidup mikroorganisme yang memproduksi asam, sehingga mampu merusak enamel gigi.

Enamel gigi yang rusak membuat gigi rentan terhadap berbagai masalah kesehatan gigi dan tidak jarang memberikan dampak negatif pada mereka yang memiliki kerusakan gigi. Kondisi ini pun dapat menyebabkan bau mulut, karena bakteri di plak menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap.

Bahkan, meskipun kamu sudah rutin menyikat gigi, nafasmu akan tetap memunculkan aroma tak sedap karena plak yang membandel. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi guna mencegah kerusakan gigi dan bau mulut yang dapat terjadi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tak sedikit orang memanfaatkan garam atau baking soda untuk mengikis plak dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Padahal jika digunakan terlalu sering, kedua bahan tersebut dapat mengikis enamel gigi yang dapat membahayakan kesehatan gigi, lho.

Nah, sebagai solusinya kamu bisa membuat obat kumur sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan akun TikTok @rvliferesources pada 9 Agustus 2022. Dalam video tersebut pemilik akun membagikan tentang trik atasi plak dan bau mulut dengan obat kumur dari 2 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah cengkeh dan kayu manis.

"Homemade Mouthwash (Obat kumur buatan sendiri)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @rvliferesources, Rabu (16/8).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES