Tak lagi ditutup makeup tebal, ini trik hilangkan flek hitam akibat pigmentasi pakai 1 ampas makanan

Tak lagi ditutup makeup tebal, ini trik hilangkan flek hitam akibat pigmentasi pakai 1 ampas makanan

Brilio.net - Flek hitam merupakan salah satu jenis hiperpigmentasi kulit yang digambarkan dengan kemunculan bercak-bercak gelap di wajah. Kemunculan flek hitam ini terjadi karena peningkatan produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit. Bercak flek hitam ini sendiri berupa bintik-bintik kecil atau besar yang menyebapkan kulit terkesan kusam dan kotor.

Salah satu faktor yang paling bertanggung jawab atas munculnya flek hitam adalah paparan terus-menerus polusi dan sinar UV matahari. Hal ini dikarenakan gelombang sinar ultraviolet tipe B (UVB), salah satu jenis gelombang sinar UV dapat menimbulkan rasa terbakar dan memicu produksi melanin pada kulit. Kumpulan melanin inilah yang nantinya akan naik ke permukaan kulit, sehingga membentuk noda hitam tersebut.

Selain itu, menempelnya polusi dan debu setelah beraktivitas sehari-hari juga memicu munculnya flek hitam. Pasalnya, polusi dan debu yang menempel di wajah dapat merusak skin barrier yang melindungi sel-sel kulit di dalamnya. Dalam prosesnya, hal tersebut akan berkontribusi pula pada meningkatnya produksi melanin, sehingga wajah pun terlihat gelap.

(brl/mal)

tags

STORIES