Tak kalah ampuh dari kopi, ini trik atasi dark circle dan kantung mata pakai 1 jenis buah

Tak kalah ampuh dari kopi, ini trik atasi dark circle dan kantung mata pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Diketahui bahwa kulit area mata memiliki jaringan yang paling tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Jadi, tidak heran kalau kamu akan melihat tanda penuaan di area tersebut lebih dulu, termasuk dark circle atau lingkaran hitam, eye bags (kantung mata), dan puffy eyes.

Kantong mata dan lingkaran hitam di area mata, atau dikenal juga dengan istilah mata panda, dapat muncul seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena penuaan dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat lebih kendur.

Kedua masalah tersebut sering terjadi pada pria dan wanita. Masalahnya, kehadiran dark circle dan kantung mata ini kerap membuat penampilan kamu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Dark circle bisa terjadi baik karena keturunan ataupun bagian dari proses penuaan. Dark circles juga dapat disebabkan karena stres.

Kulit kusam dan menghitam ini kemudian akan berubah menjadi dark circle dan kantung mata yang sulit untuk dihilangkan. Namun untungnya, banyak cara menghilangkan dark circle dan kantung mata yang bisa kamu lakukan. Kamu cukup memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusinya.

Sebagian orang memanfaatkan kopi sebagai masker mata untuk mengatasi berbagai permasalahan mata, hal ini berkat kandungan antioksidan dalam kopi. Padahal ada bahan alami lain yang juga ampuh lho. Seperti video unggahan dari akun TikTok @yummifoods0 pada 4 Mei 2021.

Unggahan tersebut berisi tentang trik atasi dark circle dan kantung mata pakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah tomat. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kunyit dan yoghurt.

"Eye Mask For Dark Circles, Eye Bags and Under eye wrinkles (Masker Mata Untuk Lingkaran Hitam, Kantung Mata dan Kerutan di Bawah Mata)," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @yummifoods0, Kamis (24/8).

Dark circle dan kantung mata pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Buah tomat diketahui memiliki likopen yang dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, tomat juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat merawat kesehatan kulit area mata. Oleh karena itu, tomat merupakan salah satu buah yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi mata panda. Hal ini karena buah tomat memiliki kandungan zat fitokimia yang dapat mengurangi pigmentasi kulit. Sehingga berdampak pada hilangnya mata panda.

Sementara seperti yang dilansir dari Best Health, kandungan antiinflamasi yang terdapat pada kunyit mampu mengatasi kemunculan lingkar hitam dan kantung di bawah mata. Kunyit juga mampu menstimulasi aliran darah di kulit wajah sehingga dark circle dan kantung di bawah mata bisa berkurang. Best Health juga mengatakan bahwa kunyit bisa dimanfaatkan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di area sekitar mata.

Yoghurt juga dikenal manfaatnya yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, tak terkecuali pada area mata. Kandungan zink dan asam laktat dalam yoghurt membantu mencerahkan warna kulit. Menggunakan masker yoghurt secara teratur akan membantu menyingkirkan dark circle dan kantung mata yang mengganggu penampilan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES