Tak hanya tepung beras, lihat trik wanita ini empas kulit kusam dan kasar pakai 1 jenis buah

Tak hanya tepung beras, lihat trik wanita ini empas kulit kusam dan kasar pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Seiring beranjak dewasa, orang-orang umumnya akan semakin sering pula terlibat aktivitas padat. Bahkan, aktivitas ini acap kali mengharuskan mereka terpapar sinar matahari yang bercampur debu dan polusi. Apabila aktivitas tersebut tidak disertai perlindungan yang tepat, hal ini akan membuat tekstur kulit berubah menjadi kasar dan kusam.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Tekstur kulit yang baik sejatinya sangat dipengaruhi oleh tingkat produksi kolagen dan elastin yang juga dipengaruhi kadar air di dalam kulit. Namun begitu, baik itu sinar matahari, debu, dan polusi tadi justru dapat menguapkan faktor hidrasi tersebut dan merusak skin barrier yang menjaga kelembapan kulit. Dalam prosesnya, kedua faktor penyusun sel-sel kulit tadi tidak akan beregenerasi dengan baik. Akhirnya, tekstur kulit pun berubah menjadi kasar ketika dipegang.

Di sisi lain, matahari dan polusi juga dapat menggelapkan warna kulit. Gelombang ultraviolet yang dibawa sinar matahari tersebut akan menyebabkan produksi melanin sebagai pigmen warna kulit meningkat, sehingga membuat wajah terlihat gelap. Semakin sering bagian wajah terpapar pada sinar matahari, semakin tinggi tingkat penggelapan yang akan dialaminya. Alhasil, wajah pun menjadi terkesan kotor dan kusam.

Akan tetapi, masalah kulit di atas tidak perlu kamu pusingkan lagi kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif dari produk komersil di luar sana.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES