Tak hanya minyak kayu putih, ini cara basmi kutu air di sela jari kaki pakai tambahan 2 bahan dapur

Tak hanya minyak kayu putih, ini cara basmi kutu air di sela jari kaki pakai tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Kutu air dikenal sebagai tinea pedis dalam dunia kedokteran. Ini merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan adanya lepuh serta ruam di permukaan kulit akibat infeksi jamur dari kelompok dermatophytes. Kutu air sendiri paling sering terjadi di daerah-daerah yang sering terkena gesekan atau lembap, terutama pada area seperti di sela-sela jari kaki. Nah, orang yang menderita infeksi ini biasanya akan merasakan kondisi gatal, rasa menyengat, dan rasa terbakar pada sela jari kaki mereka.

Kemunculan kutu air sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor utamanya adalah gesekan disertai kelembapan berlebihan antara jari kaki. Beberapa kondisi seperti kaki yang berkeringat saat memakai alas kaki ketat, tidak menggunakan alas kaki saat beraktivitas, hingga jarang mengeringkan dan membersihkan kaki setelah beraktivitas, dapat membuat gesekan antara jari kaki terjadi secara intens. Dalam prosesnya ini akan merusak lapisan kulit di area tersebut dan memicu jamur tumbuh di sela-sela sempit dan lembap. Akibatnya, iritasi akibat infeksi kutu air pun menjadi tak terelakkan.

Akan tetapi, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung kok. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasi masalah kutu air ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan campuran garam dengan minyak sayur dan minyak kayu putih, sebagaimana diperagakan oleh @tipssehat.wildan di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (1/9).

basmi kutu air di sela jari kaki  Instagram

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES