Tak hanya kunyit, ini cara hilangkan bekas pigmentasi kehitaman di wajah pakai 1 topping makanan

Tak hanya kunyit, ini cara hilangkan bekas pigmentasi kehitaman di wajah pakai 1 topping makanan

Brilio.net - Hiperpigmentasi merupakan sebutan bagi masalah kulit yang ditandai oleh penumpukan melanin di area kulit tertentu. Kondisi ini dalam prosesnya akan menyebabkan munculnya penggelapan pada area kulit, sehingga warna kulit pun menjadi belang. Jenis hiperpigmentasi pada wajah, dapat muncul dalam beberapa bentuk, umumnya dalam bentuk flek hitam atau bekas jerawat.

Flek hitam muncul akibat wajah kerap terpapar sinar matahari. Seperti yang diketahui, sinar matahari mengandung gelombang ultraviolet yang dapat merusak skin barrier pelindung sel-sel kulit. Kemudian akan memicu peningkatan produksi melanin sebagai pigmen yang memberi warna kulit. Peningkatan yang berujung penumpukan pigmen inilah yang kemudian menggelapkan warna kulit dan memunculkan bercak flek hitam.

Sementara itu, noda hitam yang diakibatkan jerawat muncul sebagai bagian dari proses penyembuhan. Bekas jerawat yang dikenal dengan istilah PIH (post-inflammatory hyperpigmentation) ini timbul sebagai respon tumbuhnya sel-sel kulit baru untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat. Akan tetapi, proses regenerasi ini terkadang membawa pula melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya bekas gelap pada titik jerawat sebelumnya.

Kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa banget mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif selain kebanyakan skincare komersil di luar sana.

(brl/ola)

tags

STORIES