Tak hanya kunyit, ini cara bikin pori-pori wajah mengecil dan bebas jerawat pakai 1 kulit buah

Tak hanya kunyit, ini cara bikin pori-pori wajah mengecil dan bebas jerawat pakai 1 kulit buah

Brilio.net - Menjaga kebersihan pori-pori menjadi sangat penting jika ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat. Pori-pori merupakan lubang-lubang kecil pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat. Meskipun berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit, pori-pori bisa menjadi biang masalah ketika ukuran rongganya membesar dari biasanya.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pori-pori membesar. Aktivitas keseharian yang tinggi disertai cuaca panas dapat membuka pori-pori kulit dan memicu kelenjar minyak dalam kulit menghasilkan lebih banyak sebum. Makanya tak jarang mereka yang berada di lingkungan dengan suhu tinggi memiliki kulit wajah yang greasy.

Lalu, mengapa pembesaran rongga pori-pori dapat menjadi biang masalah kulit? Ukuran pori-pori yang membesar akan memudahkan partikel kotoran kecil menumpuk dan menyumbat kulit. Kondisi ini kemudian menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri dan kuman di kulit berkembang biak secara cepat. Proses ini menghasilkan peradangan di kulit dan, pada akhirnya, mengakibatkan pembengkakan jerawat.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES