Tak hanya direndam garam, ini trik haluskan tumit kasar dan pecah-pecah pakai 1 bahan pemanis

Tak hanya direndam garam, ini trik haluskan tumit kasar dan pecah-pecah pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net - Tumit pecah-pecah dikenal sebagai fissura calcanei dalam dunia medis. Kondisi ini ditandai dengan lapisan kulit pada area tumit kaki yang terlihat retak. Kondisi ini terjadi akibat kulit di sekitar tumit kaki menjadi sangat kering dan kasar. Biasanya, kondisi ini bisa disertai dengan rasa sakit, gatal, dan bahkan pendarahan jika dibiarkan saja tanpa penanganan tepat.

Mengapa kondisi ini dapat terjadi? Selain secara umum area tumit memang kurang diperhatikan dalam perawatan kulit, area telapak kaki seringkali terpapar pada permukaan tanah dan lantai sehingga membuat debu dan pasir yang kotor banyak menempel.

Proses ini mengakibatkan kelembapan kulit kaki yang sudah minim sedari awal menjadi semakin berkurang. Tidak ayal kemudian telapak kaki pun menjadi semakin kering dan berakhir mengalami keretakan.

Untuk mengatasi masalah ini, nyatanya kamu cukup menggunakan bahan-bahan alami saja lho. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan larutan air garam, campuran gula, dan minyak kelapa. Cara ini sebagaimana diperagakan oleh @body_joints_mt via Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (18/10).

kasar dan pecah  Instagram

foto: freepik.com

Gula pada dasarnya memiliki kandungan asam alfa hidroksi (AHA). Komponen AHA ini memiliki sifat eksfoliasi lembut yang dapat membantu proses regenerasi kulit dengan mengikis lapisan kulit yang rusak, merangsang pembentuk lapisan baru yang lebih sehat. Selain itu, gula juga memiliki sifat pelembap alami yang dapat menjaga kelembutan kulit dan meminimalisir potensi terjadinya keretakan pada tumit kaki.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES