Tak hanya dengan clay mask, begini cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker dari 1 jenis kayu

Tak hanya dengan clay mask, begini cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker dari 1 jenis kayu

Brilio.net - Perlu diketahui bahwa pori-pori di wajah sebenarnya berfungsi untuk memproduksi sebum yang bermanfaat melembapkan dan menyehatkan kulit. Namun, kadar sebum berlebihan justru memicu pori-pori yang besar, sehingga wajah terlihat kusam dan berjerawat. Semua jenis kulit, baik normal, kering, atau berminyak terlihat mempunyai pori-pori besar dan terbuka.

Pori-pori besar pada wajah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti tingkat produksi minyak (sebum) yang tinggi, folikel rambut tebal, genetik atau keturunan, berkurangnya produksi kolagen di kulit karena penuaan, hingga kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Memiliki pori-pori besar dapat mengurangi kepercayaan diri karena kulit terlihat kusam, terutama apabila tersumbat oleh minyak, bakteri kotoran, atau sel kulit mati.

Pasalnya, besarnya pori-pori menjadi tempat yang nyaman bagi kotoran dan bakteri. Jika dibiarkan, kondisi itu dapat memicu peradangan pada jerawat. Nggak harus pergi ke klinik kecantikan, ada banyak cara sederhana untuk mengecilkan pori-pori wajah. Selain rutin menggunakan clay mask, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membersihkan kotoran pada pori-pori sekaligus mengecilkan ukurannya.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES