Tak hanya baking soda, ini cara singkirkan noda dan plak agar gigi kembali putih pakai 1 jenis buah

Tak hanya baking soda, ini cara singkirkan noda dan plak agar gigi kembali putih pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Semua orang mengetahui pentingnya gigi sebagai organ yang berfungsi menghancurkan makanan agar mudah ditelan dan dicerna. Namun begitu, proses konsumsi makanan pada faktanya seringkali meninggalkan sisa makanan di sela-sela gigi yang kadang tidak terperhatikan dengan baik. Dalam prosesnya, kotoran yang tertinggal tersebut seringkali berubah menjadi noda kuning pada gigi.

Mengapa hal tersebut dapat terjadinya? Gigi pada dasarnya memiliki lapisan pelindung luar yang disebut enamel. Meskipun keras, enamel memiliki pori-pori mikroskopis yang dapat menyerap zat-zat berwarna dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Seiring berjalannya waktu, pigmen ini dapat terakumulasi dan menyebabkan hilangnya kecerahan gigi dan berganti menjadi berwarna kekuningan.

Apabila dibiarkan dalam waktu lama, noda yang menempel tadi dapat berkembang menjadi plak gigi. Plak merupakan sebutan bagi lapisan lengket yang terbentuk oleh kumpulan bakteri, sisa makanan, dan lendir di permukaan gigi. Nah, plak gigi pun acap pula berkembang menjadi lubang apabila tidak ditangani dengan baik lho.

Eits, tapi kamu nggak perlu khawatir kok. Soalnya, ada lho trik sederhana menggunakan sumber bahan alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah membandel ini. Salah satunya seperti memanfaatkan buah stroberi dan baking soda, seperti yang ditunjukkan oleh @madinashrienzada via Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Selasa (22/7).

agar gigi kembali putih  Instagram

foto: freepik.com

Buah stroberi adalah buah yang kaya akan kandungan senyawa seperti asam malat, vitamin, dan serat. Asam malat dapat secara efektif mengikis lapisan kotor pada permukaan gigi dan membantu memperbaiki warna alaminya. Sementara itu, kandungan vitamin C dalam stroberi dapat membantu memperkuat gusi dan merangsang pembentukan enamel gigi yang lebih kuat. Di sisi lain, serat dalam stroberi adalah bahan yang efektif membersihkan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi serta menjaga kesehatannya secara keseluruhan.

agar gigi kembali putih  Instagram

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES