Tak ditambah cuka apel, YouTuber ini bagikan cara hilangkan plak kuning di gigi pakai 2 bahan dapur

Tak ditambah cuka apel, YouTuber ini bagikan cara hilangkan plak kuning di gigi pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Plak kuning di gigi merupakan masalah umum yang sering mengganggu kepercayaan diri dan kesehatan mulut seseorang. Plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut bergabung dengan sisa makanan dan air liur.Hal inimembentuk lapisan lengket yang menempel pada permukaan gigi. Ketika plak tidak dihilangkan secara teratur, dapat mengeras dan membentuk tartar yang lebih sulit dihilangkan dan dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit gusi. Untuk memahami lebih lanjut tentang plak gigi kuning, kamu perlu mengetahui penyebabnya dengan lengkap.

Salah satu penyebab utama plak gigi kuning adalah kebiasaan membersihkan gigi dan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Jika sisa-sisa makanan dan bakteri tidak dihilangkan secara teratur dengan menyikat atau menggunakan benang gigi, plak akan terbentuk dengan mudah.

Sudah menjadi pengetahuan umum jika mulut menjadi salah satu anggota tubuh yang digunakan untuk mengolah makanan dan minuman. Nah, konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula dan asam, seperti minuman bersoda, permen, atau makanan cepat saji, dapat menyebabkan plak gigi lebih cepat terbentuk. Gula dan asam merusak enamel gigi dan memberi makan bakteri dalam mulut.

Maka dari itu, langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan plak kuning di gigi adalah menjaga kebersihan. Salah satunya adalah mengkombinasikan produk pembersih dengan bahan alami. Cara ini seperti yang dilakukan YouTuber bernama Raziq. Dalam unggahan video di kanal YouTube @RaziqAfiqahHananActivity, ia mengkombinasikan pasta gigi dengan jeruk nipis dan baking soda, tanpa tambahan cuka apel. Pasalnya kandungan cuka apel seperti asam asetat yang bisa mencerahkan gigi sudah ada pada jeruk nipis.

Dilansir dari greendentalsmiles.net, Kamis (2/5) jeruk nipis kaya akan vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan dan membantu meningkatkan kesehatan gusi. Vitamin C juga dapat membantu mencegah peradangan dan meredakan gusi yang bengkak. Asam sitrat dalam jeruk nipis memiliki sifat astringent yang dapat membantu membersihkan permukaan gigi dari plak dan noda. Kandungan asam sitrat juga membantu menghilangkan bakteri penyebab plak. Kandungan asam sitrat juga dapat membantu memudarkan plak kuning pada gigi dan meningkatkan kecerahan gigi secara keseluruhan.

Baking soda memiliki sifat abrasif lemah yang membantu menghilangkan plak dan noda pada gigi tanpa merusak enamel gigi. Sehingga membuat baking soda menjadi pilihan yang aman untuk membersihkan gigi secara alami. Baking soda memiliki kemampuan untuk mengatur pH dalam mulut, sehingga menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri penyebab plak. Baking soda dikenal karena kemampuannya untuk mencerahkan gigi dengan menghilangkan noda dan plak yang menyebabkan gigi terlihat kuning.


(brl/far)

tags

STORIES