Tak dicampur kunyit, ini cara cerahkan pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis rempah

Tak dicampur kunyit, ini cara cerahkan pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Terjadinya penuaan dini seringkali diiringi oleh adanya perubahan pada kulit yang mengalami pigmentasi atau bintik-bintik pada beberapa titik wajah. Tentu adanya tampilan kulit ini membuat sejumlah orang merasa tidak percaya diri, lantaran bisa mengganggu penampilan. Penyebab utama terjadinya pigmentasi yang tidak merata adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar UV pada matahari ini merangsang produksi melanin (pigmen pemberi warna kulit) yang berlebihan. Ini bisa menimbulkan munculnya melanin di beberapa area kulit.

Faktor berikutnya adalah terjadinya penurunan kadar kolagen dan elastin di dalam tubuh. Pengurangan kedua protein ini terjadi ketika kulit berada dalam proses penuaan. Dampaknya dari kondisi tersebut, adalah terjadinya penumpukkan melanin yang membuat timbulnya pigmentasi, dan sejumlah tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.

Itulah faktor penyebab munculnya pigmentasi akibat penuaan dini. Untuk mencerahkan kembali kulit yang mengalami pigmentasi, kamu bisa menggunakan salah satu cara yaitu memakai masker yang terbuat dari bahan alami. Ini lah yang juga dilakukan oleh pengguna YouTube simmi_glamourtips, yang memakai biji pala atau nutmeg dan susu.

Nutmeg atau biji pala dilansir dari byrdie.com, Rabu (20/12) ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, yang sering terkait dengan masalah pigmentasi. Selain itu, tekstur nutmeg yang kasar dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami. Ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati, merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, dan membantu meratakan warna kulit. Adanya kandungan antioksidan dalam bahan rempah ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memperburuk pigmentasi.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES