Tak cuma yoghurt, ini trik atasi flek hitam dan pori-pori besar pakai tambahan 1 jenis umbi-umbian

Tak cuma yoghurt, ini trik atasi flek hitam dan pori-pori besar pakai tambahan 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami berbagai permasalahan kulit. Pasalnya wajah memiliki kulit yang tipis dan rentan terpapar radikal bebas dibandingkan bagian tubuh yang lain. Beberapa masalah kulit wajah yang umum dialami oleh kebanyakan orang adalah wajah kusam, keriput, berjerawat, berkomedo, flek hitam, serta pori-pori yang tampak membesar.

Flek hitam dan pori-pori besar memang cukup mengganggu penampilan. Karena kedua masalah tersebut, wajah jadi tampak kusam, memiliki warna kulit tidak merata, kulit bertekstur, dan kurang mulus. Tak heran banyak orang mencari cara untuk mengatasi flek hitam dan pori-pori besar di wajah.

Adanya flek hitam dan pori-pori besar di wajah tak serta-merta muncul begitu saja. Pasalnya ada berbagai faktor pemicu yang menyebabkan masalah ini. Di antaranya adalah paparan sinar matahari berlebih, genetik, perubahan hormonal, perubahan cuaca atau suhu, kurangnya perawatan kulit, radikal bebas, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Dari berbagai faktor tersebut, khususnya sinar matahari adalah faktor pemicu terbesar yang menyebabkan wajah muncul flek hitam serta pori-pori besar. Bukan tanpa alasan, sinar UVA dan UVB dapat memicu produksi melanin berlebih sebagai upaya untuk perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari. Nah, melanin berlebih inilah yang akan memunculkan bintik-bintik hitam atau noda kehitaman di permukaan kulit, yang disebut dengan flek hitam.

Tak hanya itu saja, paparan sinar matahari berlebih juga akan memicu produksi minyak atau sebum berlebih di wajah, sehingga membuat debu serta radikal bebas mudah menempel di permukaan kulit. Radikal bebas yang menempel ini akan tersumbat di pori-pori wajah jika tak segera dibersihkan. Sumbatan inilah yang akan menyebabkan munculnya komedo dan membuat pori-pori tampak membesar.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES