Tak cuma putih telur, ini trik mencegah sumbatan komedo di wajah pakai tambahan 1 bahan pemanis

Tak cuma putih telur, ini trik mencegah sumbatan komedo di wajah pakai tambahan 1 bahan pemanis

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu masalah wajah yang umum muncul mulai dari fase remaja. Dalam dunia medis, komedo sendiri diartikan sebagai kondisi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Pori-pori yang tersumbat inilah yang kemudian membentuk bintik-bintik kecil pada permukaan kulit yang dikenal sebagai komedo.

Komedo memiliki 2 jenis bentuk, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terperangkap di bawah kulit. Sebaliknya, blackheads terbentuk ketika pori-pori kulit terbuka dan sebum serta kotoran oksidasi dengan udara, mengakibatkan warna hitam pada permukaan komedo.

Terbentuknya komedo ini secara umum disebabkan oleh produksi sebum berlebih oleh kelenjar sebaceous di bawah kulit. Produksi minyak yang berlebih ini sendiri bisa dipicu banyak faktor, mulai dari perubahan hormonal, panas matahari, polusi lingkungan, hingga kebiasaan buruk seperti merokok sekalipun.

Minyak berlebih ini kemudian memudahkan kotoran menempel dan mengendap di pori-pori wajah. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, penyumbatan ini dapat berujung pada masalah yang lebih besar seperti jerawat.

Untuk mengatasi hal di atas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Misalnya dengan menggunakan campuran gula dan putih telur, sebagaimana dibagikan oleh @theglobalistagirl melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (29/9).

mencegah sumbatan komedo  Instagram

foto: freepik.com

Bubuk gula sering digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Hal ini dikarenakan tekstur butiran gula yang halus membantu menghilangkan kotoran dan minyak sebagai substansi komedo yang menyumbat pori-pori. Nah, penggunaan bubuk gula akan memberikan efek eksfoliasi ringan yang membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi penyumbatan komedo yang menyebapkan pembesaran pori-pori.

mencegah sumbatan komedo  Instagram

foto: freepik.com

Putih telur mengandung senyawa protein yang tinggi bernama albumin. Albumin berfungsi sebagai agen pengencang alami pada kulit. Komponen ini dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pori-pori akibat komedo. Selain itu, putih telur juga mengandung lizosim sebagai enzim alami yang membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES