Tak cuma pakai kunyit, ini cara pudarkan flek hitam di pipi dengan tambahan 2 bahan dapur

Tak cuma pakai kunyit, ini cara pudarkan flek hitam di pipi dengan tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Salah satu permasalahan kulit wajah yang dapat mengganggu penampilan selain jerawat adalah flek hitam. Bukan hanya menyebabkan wajah penuh noda, tetapi kondisi ini juga membuat wajah jadi tampak kusam dan memiliki warna tidak merata. Selain wajah, flek hitam ternyata juga bisa muncul di bagian tubuh lain. Seperti punggung, tangan, dan bagian yang sering terkena sinar matahari. Nah, bagian wajah yang paling rentan mengalami kondisi ini adalah pipi.

Flek hitam atau biasa disebut dengan hiperpigmentasi ini bisa terjadi karena produksi melanin yang meningkat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan obat-obatan tertentu, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok, efek penuaan, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit tanpa perlindungan tabir surya akan secara otomatis merangsang produksi melanin yang berlebih. Ini merupakan respons alami kulit sebagai bentuk perlindungan alaminya dari dampak buruk sinar matahari. Nah, bercak-bercak kehitaman pada permukaan kulit inilah yang disebut dengan flek hitam.

Tapi tak perlu khawatir, flek hitam pada wajah bisa diatasi dengan berbagai cara. Seperti melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai produk skincare, melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pemilik akun TikTok @blackgirlhousee pada 13 September 2020, yang berisi tentang cara pudarkan flek hitam di pipi pakai kunyit dengan tambahan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah cuka dan susu cair.

"diy tumeric mask (DIY masker kunyit)," tulis sang pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @blackgirlhousee, Kamis (14/3).

Cara pudarkan flek hitam di pipi Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan kunyit untuk memudarkan flek hitam di pipi.

Menjadi salah satu rempah yang kaya akan kandungan antioksidan, kunyit memiliki beragam manfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Beberapa manfaatnya yaitu dapat mencerahkan wajah dan memudarkan warna kulit tidak merata akibat flek hitam. Dilansir dari Healthline, manfaat kunyit untuk kecantikan, kemungkinan karena komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya flek hitam.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES