Tak cuma lemon, ini cara cerahkan flek hitam yang menyebar di wajah pakai 1 bahan minuman

Tak cuma lemon, ini cara cerahkan flek hitam yang menyebar di wajah pakai 1 bahan minuman

Brilio.net - Munculnya flek hitam di wajah terkadang tidak hanya timbul pada satu area saja. Namun adanya flek hitam di wajah ini cenderung menyebar pada beberapa titik, seperti pada pipi, dahi, dan sekitar dagu. Ada beberapa penyebab utama mengapa flek hitam ini menyebar. Pertama adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari ini mengandung ultraviolet yang bisa merangsang produksi melanin dalam kulit. Produksi melanin akan meningkat, hal ini sebagai respons terhadap sengatan sinar matahari. Dampaknya adalah timbul bercak hitam pada kulit.

Faktor lain juga bisa berasal dari kebiasaan buruk yang terjadi saat jerawat muncul yaitu menghilangkannya dengan cara memencet. Kebiasan ini bisa meninggalkan bekas jerawat yang menghitam. Ketika jerawat meradang, kulit meningkatkan risiko hiperpigmentasi sebagai bentuk perlindungan dan akhirnya mengakibatkan flek hitam timbul.

Adanya flek hitam yang menyebar di wajah ini mungkin bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Tak heran jika banyak orang yang mencari cara mencerahkan flek hitam. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menggunakan masker yang terbuat dari bubuk kopi hitam. Bahan minuman ini mengandung antioksidan dan kafein yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan eksfoliasi kulit. Kafein juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan elastisitas kulit.



(brl/far)

tags

STORIES