Putih cerah tanpa susu, ini trik basmi noda hitam di wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian

Putih cerah tanpa susu, ini trik basmi noda hitam di wajah kusam pakai 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Kemunculan noda hitam pada dasarnya merupakan hasil dari proses hiperpigmentasi atau penggelapann pada kulit. Secara umum, noda hitam dapat muncul dari 2 masalah utama yang sering menganggu kulit. Dua sumber tersebut ialah flek dan bekas jerawat.

Flek hitam merujuk pada suatu kondisi di mana beberapa area di wajah mengalami penumpukan pigmentasi, sehingga kulit pada bagian tersebut tampak lebih gelap daripada bagian lainnya. Faktor penyebab umumnya adalah paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari, terutama sinar UVB, yang dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk menghasilkan melanin dengan lebih cepat. Akibatnya, produksi melanin yang berlebihan ini dapat mengakibatkan timbulnya flek hitam dan memberi kesan kusam pada kulit.

Selain flek hitam, noda gelap pada kulit juga bisa disebabkan oleh jerawat. Hal ini terjadi karena jerawat dapat meninggalkan bekas berupa noda gelap, yang dalam istilah medis dikenal sebagai PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Situasi di mana jerawat meninggalkan jejak ini muncul karena proses peradangan yang disebabkan oleh jerawat dapat merusak jaringan kulit. Sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini dapat mengandung melanin berlebih, sehingga memicu munculnya noda gelap yang sulit hilang.

Kedua masalah di atas jelas dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Namun begitu, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang mudah didapatkan. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan ialah berupa campuran buah bit dan aloe vera, sebagaimana dibagikan oleh @get_beauty_glow_everyday di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (11/10).

basmi noda hitam  Instagram

foto: freepik.com

Buah bit adalah umbi-umbian kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan E, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah bekas jerawat. Selain itu, kandungan asam folat dalam buah bit juga membantu meningkatkan produksi sel-sel kulit baru, memberikan kulit yang lebih cerah dan sehat.

basmi noda hitam  Instagram

foto: freepik.com

Di sisi lain, aloe vera kaya akan aloin, aloesin, dan enzim proteolitik. Aloin dan aloesin membantu mengurangi produksi melanin dan membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Selain itu, enzim proteolitik dalam aloe vera berperan penting dalam membantu mengangkat sel kulit mati secara alami, menjaga kelembapan kulit, dan mengurangi peradangan. Seluruh manfaat ini membuat aloe vera secara efektif membantu agar kulit terlihat lebih segar dan cerah.

(brl/pep)

tags

STORIES