Nggak sakit dan tak perlu pore pack, begini trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai 1 jenis rempah

Nggak sakit dan tak perlu pore pack, begini trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Salah satu masalah kulit wajah yang membuat tampilan jadi kurang flawless dan mulus adalah komedo. Masalah kulit satu ini bisa sangat mengganggu penampilan, apalagi jika yang muncul adalah jenis komedo hitam di area hidung. Komedo muncul karena pori-pori wajah tersumbat oleh tumpukan sel kulit mati, debu, sisa makeup dan minyak (sebum) yang dihasilkan folikel rambut.

Pada awalnya, semua komedo berwarna putih, namun ada beberapa yang menjadi kuning kehitaman. Hal ini terjadi pada komedo yang berada di dekat permukaan kulit. Paparan udara luar dan proses oksidasi membuat komedo berubah warna menjadi kekuningan hingga menghitam. Banyak orang menyebutnya dengan komedo hitam.

Karena berwarna gelap, komedo hitam biasanya dianggap lebih mengganggu penampilan dibandingkan komedo putih. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin melakukan perawatan agar komedo hitam hilang. Banyak produk yang mengklaim efektif menghilangkan dan mencegah komedo. Banyak cara untuk menghilangkan komedo hitam di hidung yang populer. Namun, apakah benar-benar aman?

Sebaiknya jangan melakukan ekstraksi komedo hitam sendiri, yang ada pori-pori jadi membesar dan mudah tersumbat lagi dan membentuk jerawat lain. Cara terbaik untuk benar-benar menghilangkan komedo hitam, yaitu dengan perlahan dan lembut. Setidaknya tidak membuat kerusakan baru di kulit wajah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti video unggahan yang dibagikan akun TikTok @aribasfoodmood pada 10 Mei 2023. Video unggahan tersebut berisi tentang trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai 1 jenis rempah, yaitu bubuk kunyit. Tak hanya satu rempah itu saja, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"face mask against blackheads (masker wajah melawan komedo)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun @aribasfoodmood, Rabu (12/7).

Trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai 1 jenis rempah Berbagai sumber

Trik hilangkan komedo hitam di hidung pakai 1 jenis rempah
freepik.com

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang dipercaya sejak lama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya kesehatan kulit wajah. Ini karena kunyit memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang bisa memperbaiki keluhan pada kulit wajah. Salah satu manfaatnya adalah menghilangkan komedo hitam pada hidung. Bahan alami ini juga mengandung curcumin yang dapat membersihkan pori-pori kulit secara maksimal.

Sementara madu, mengandung banyak antiinflamasi, antiseptik, antioksidan, antibakteri, dan nutrisi baik lainnya. Madu juga mempunyai manfaat yang bisa menghilangkan komedo. Kandungan antioksidan dan antibakteri pada madu mampu menghilangkan komedo jika dipakai secara rutin. Madu memang bermanfaat sebagai pembersih wajah alami tanpa membuat wajah kering. Dikarenakan dapat membuka pori-pori yang tersumbat yang mengakibatkan adanya komedo.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES