Nggak perlu tepung beras, ini trik samarkan flek hitam pakai face wash dari 2 bahan alami

Nggak perlu tepung beras, ini trik samarkan flek hitam pakai face wash dari 2 bahan alami

Brilio.net - Flek hitam atau hiperpigmentasi merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Kondisi ini bisa muncul pada berbagai usia dan jenis kulit apapun. Penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari berlebihan. Perlu kamu ketahui, kulit yang tidak menggunakan pelindung memiliki resiko besar terkena flek hitam. Hal ini lantaran, sinar UV bisa merangsang produksi melanin (pigmen pemberi warna). Nah, ketika kulit terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama, maka melanosit bisa menjadi lebih aktif dan menyebabkan terjadinya penumpukkan melanin.

Kondisi flek hitam tersebut bisa menjadi semakin parah, jika terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan ini bisa terjadi ketika memasuki masa kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, dan kondisi kesehatan tertentu.

Munculnya flek hitam di wajah, memungkinkan hal tersebut mengganggu penampilan bagi sejumlah orang. Bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri mereka. Untuk mengatasi flek hitam tersebut, banyak orang yang mencari cara memudarkan flek hitam.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah merawat wajah dengan rutin membersihkan kulit. Kamu bisa membersihkan dengan menggunakan face wash yang terbuat dari bahan alami. Tak perlu tepung beras untuk mencerahkan kulit. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan lidah buaya dan lemon.

Lidah buaya atau aloe vera gel memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menyembuhkan luka, meredakan peradangan, dan menghidrasi. Kandungan tersebut juga bisa mengurangi produksi melanin, sehingga dapat mencerahkan flek hitam.

Di sisi lain, lemon sebagai bahan tambahan mengandung vitamin C yang mampu memudarkan flek hitam. Sementara asam sitrat dalam lemon memiliki sifat eksfoliasi ringan yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi tumpukan melanin yang menyebabkan flek hitam.

Nah, itulah manfaat dari masing-masing bahan alami. Lantas bagaimana cara menggunakan kedua bahan tersebut? Yuk, simak langkah-langkah di bawah ini.

(brl/ola)

tags

STORIES