Nggak perlu tepung beras, ini trik atasi kulit kusam dan gelap pakai scrub dari 1 jenis minyak

Nggak perlu tepung beras, ini trik atasi kulit kusam dan gelap pakai scrub dari 1 jenis minyak

Brilio.net - Seringnya terpapar sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit jadi kusam dan gelap. Hal ini tentu saja menjadi salah satu masalah besar bagi sebagian wanita karena dapat mengurangi kepercayaan dirinya. Kemunculan bintik-bintik gelap yang timbul di area wajah, leher, bahu dan tangan ini disebut dengan pigmentasi kulit.

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena paparan UVA dari sinar matahari, polusi, pencemaran lingkungan, gaya hidup, hormonal, penggunaan pil KB atau masalah kesehatan lainnya. Berdasarkan penyebabnya, pigmentasi kulit dibagi ke dalam pigmentasi ringan dan berat. Pigmentasi berat contohnya seperti melasma, vitiligo, dan albinisme.

Sedangkan pigmentasi ringan biasa disebut sebagai hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika kulit memproduksi lebih banyak melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak pada kulit yang tampak lebih gelap daripada daerah di sekitarnya.

Jika kulit sudah mulai menggelap, biasanya akan tampak kusam dan kurang menarik. Oleh karenanya, banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk mencerahkan kulitnya. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Untuk mencerahkan kulit kusam dan gelap, tak sedikit orang menggunakan tepung beras dan dijadikannya sebagai masker, lulur, atau scrub. Hasilnya memang tak perlu diragukan lagi, namun ternyata ada bahan lain yang tak kalah efektif lho. Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @julianadeliberais pada 27 Oktober 2022.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES