Nggak perlu strip pemutih, ini trik atasi kekuningan dan plak pada gigi cuma pakai 2 jenis bahan dapur

Nggak perlu strip pemutih, ini trik atasi kekuningan dan plak pada gigi cuma pakai 2 jenis bahan dapur

Brilio.net - Banyak orang yang tidak menyadari perubahan warna giginya dari yang tadinya putih gading menjadi kekuningan. Padahal kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Bukan tanpa alasan, gigi yang tampak kuning disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jarang menyikat gigi, mengonsumsi makanan atau minuman yang berpigmen pekat, merokok, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Dilansir dari Cleveland Clinic, perubahan warna gigi bisa disebabkan oleh hal-hal yang di luar kendali, seperti pertambahan usia atau mengalami kecelakaan yang akan mengganggu perkembangan enamel (lapisan terluar gigi). Secara umum, gigi yang tampak menguning sangat mudah diamati. Perubahan warna tidak hanya terjadi pada satu gigi saja, tapi bisa keseluruhan.

Selain beberapa faktor di atas, gigi kuning juga bisa terjadi akibat menumpuknya plak di permukaan dan sela-sela gigi. Plak gigi adalah lapisan lengket yang terbentuk di permukaan atau sekitar gigi sebagai hasil dari penumpukan bakteri dan sisa makanan di mulut. Apabila tak segera diatasi, plak gigi dapat berkembang menjadi karang gigi yang membandel dan bau mulut tak sedap.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini banyak orang yang memanfaatkan strip pemutih yang diformulasikan untuk mencerahkan gigi secara instan. Strip pemutih sendiri berbentuk lembaran tipis yang dilapisi gel pemutih berbahan peroksida. Meski bisa berpengaruh secara instan, namun bahan kimia dalam strip pemutih gigi juga bisa membuat mulut dan gusi iritasi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak sesuai instruksi.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES