Nggak perlu skincare antiacne, ini trik atasi beruntusan dan jerawat batu pakai 1 jenis bumbu dapur

Nggak perlu skincare antiacne, ini trik atasi beruntusan dan jerawat batu pakai 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Mempunyai wajah yang halus dan bebas jerawat memang manjadi harapan banyak orang. Namun sayangnya, untuk mendapatkan kondisi wajah seperti itu bukanlah hal yang mudah. Banyak permasalahan wajah yang muncul akibat berbagai faktor eksternal, seperti beruntusan hingga jerawat batu.

Beruntusan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Umumnya, beruntusan disebabkan oleh alergi, gigitan serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, tidak tahan bahan kimia, atau sedang menjalani pengobatan tertentu. Selain menyebabkan gatal dan kemerahan, beruntusan juga membuat wajah menjadi tidak mulus. Sehingga, beruntusan membuat seseorang tidak percaya diri.

Beruntusan dan jerawat batu sama-sama diakibatkan oleh produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Produksi minyak berlebih tersebut mengakibatkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini akhirnya akan memunculkan benjolan pada kulit. Masalah ini bisa muncul tidak hanya di wajah, namun pada bagian tubuh lain seperti leher, punggung, dan bagian tubuh lain yang memproduksi minyak berlebih.

Salah satu jenis jerawat yang cukup meresahkan adalah jerawat batu. Jenis jerawat yang cukup membandel ini juga dikenal dengan nama jerawat kistik dalam istilah medis. Selain dianggap mengganggu penampilan, kondisi ini juga tak jarang menimbulkan rasa nyeri. Oleh karenanya, banyak orang mencari cara untuk mengatasi kedua jerawat batu dan beruntusan.


Beberapa orang mungkin mencoba skincare antiacne sebagai cara mengatasi dua masalah ini. Sayangnya, produk kimia yang terkandung dalam skincare di pasaran belum tentu cocok untuk semua orang. Sebagai solusi, lebih baik kamu memanfaatkan bahan-bahan alami guna mengatasi beruntusan dan jerawat batu di wajah. Seperti video yang diunggah akun TikTok @lifeofkitchen pada 9 Juli 2023.

Unggahan tersebut berisi trik mengatasi beruntusan dan jerawat batu pakai 1 jenis bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan adalah garam. Selain garam, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"this mask makes your skin feel fresh after (masker ini membuat kulit kamu terasa segar setelahnya)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @lifeofkitchen, Kamis (27/7).

Trik atasi beruntusan dan jerawat batu pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selama ini, garam mungkin lebih dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap rasa dalam makanan bercita rasa asin. Namun, siapa sangka garam ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai perawatan wajah. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Aquaculture and Aquatic Sciences, garam mengandung beragam mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, zat besi, zinc, dan lainnya.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES