Nggak perlu scalling, begini trik menghilangkan karang gigi membandel pakai 2 jenis rempah

Nggak perlu scalling, begini trik menghilangkan karang gigi membandel pakai 2 jenis rempah

Brilio.net - Bau mulut merupakan suatu kondisi yang sangat mengganggu. Biasanya, bau mulut disebabkan oleh plak-plak sisa makanan yang mengeras atau biasa disebut dengan karang gigi. Namun sayangnya, karang gigi atau penumpukan plak di gigi adalah masalah yang seringkali disepelekan. Padahal, karang gigi harus diperhatikan secara khusus agar tidak memicu kerusakan gigi yang lebih parah.

Karang gigi disebabkan plak yang dihasilkan oleh makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat. Bakteri yang terus menumpuk dari bekas makanan dan minuman tersebut akan hidup di mulut dan berkembang biak sampai menghasilkan asam. Jika dibiarkan lebih lama, asam yang dihasilkan akan merusak jaringan enamel gigi yang berujung pada kerusakan gigi.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Bahkan bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang di gigi akan membuat plak lebih luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket sehingga memicu penyakit yang lebih serius seperti radang gusi. Tidak hanya mengancam kesehatan, karang pada gigi juga akan membuat kamu kurang percaya diri. Hal ini karena bau mulut yang tidak sedap dan gigi yang terlihat kuning.

Jika sedang mengalaminya, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa merontokkan dan menghilangkan karang gigi yang sudah menebal dan membandel dengan berbagai cara. Ada yang melakukan perawatan scalling di dokter gigi dan sebagian lagi memilih untuk memanfaatkan bahan-bahan alami. Meskipun menggunakan bahan alami, namun jika digunakan secara rutin maka karang gigi membandel bisa rontok dan hilang.

Seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @adeliaherbal pada 25 Desember 2022 lalu. Dalam unggahan berdurasi 58 detik itu, pemilik akun membagikan trik menghilangkan karang gigi membandel pakai 2 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah bubuk kayu manis dan kencur. Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu garam dapur dan jeruk nipis.

"gigi kamu banyak karang nya kayak laut? napas kamu bau? ihhhh. nih resepnya biar ga malu," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @adeliaherbal, Jumat (16/6).

Trik menghilangkan karang gigi membandel pakai 2 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang berfungsi dalam mencegah pembentukan plak gigi, karang gigi, obat sariawan, dan mencegah bau mulut. Kayu manis memiliki beberapa kandungan, di antaranya adalah tannin, eugenol, dan kumarin. Semua kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan gigi dan mulut dalam hubungannya dengan gingivitis atau radang gusi.

Begitupun dengan kencur yang dapat kamu manfaatkan untuk merontokkan karang gigi membandel. Sifat antiradang dan antimikroba kencur ternyata ikut membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kandungan aktif di dalamnya menghambat perkembangan bakteri penyebab sariawan dan karies gigi. Masalah mulut ini lebih jauh bisa menyebabkan infeksi dan gigi berlubang.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES