Nggak perlu scaling, begini trik luruhkan karang gigi agar gusi bebas radang pakai 1 jenis buah

Nggak perlu scaling, begini trik luruhkan karang gigi agar gusi bebas radang pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Setiap orang memerlukan makan dan minum untuk mengisi energi dan menutrisi tubuh mereka. Proses konsumsi makan dan minum ini jelas akan melibatkan gigi. Gigi merupakan salah satu organ terpenting dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk melunakkan makanan agar mudah dicerna oleh perut. Namun begitu, proses konsumsi makanan dan minuman ini seringkali dapat meninggalkan kotoran di sela-sela gigi yang kadang tidak terperhatikan dengan baik.

Apabila sisa kotoran tadi tidak dibersihkan dengan baik, hal ini dapat memicu munculnya banyak masalah, terutama terkait munculnya karang gigi. Karang gigi, atau dikenal dengan nama dental calculus di dunia medis, merupakan istilah yang menggambarkan terjadinya pengerasan (kalsifikasi) kotoran sisa makanan di mulut akibat reaksinya dengan bakteri dan air liur yang mengubah konsistensi kotoran tersebut menjadi plak keras bak karang.

Karang gigi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit periodontal. Jika tidak dibersihkan, karang gigi dapat menyebabkan gingivitis, semacam peradangan gusi yang membuatnya membengkak dan memerah, bahkan bisa terjadi perdarahan. Lebih lanjut lagi, karang gigi juga menjadi salah satu pemicu rapuhnya kekuatan gigi sehingga memudahkan terbentuknya lubang yang menganggu.

Nah, sebelum hal ini terjadi, ada baiknya kamu merutinkan diri untuk membersihkan gigi dengan baik menggunakan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatifnya. Salah satu cara yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan menggunakan campuran buah stroberi dan baking soda, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Selasa (17/10) dari @prettywithlee yang telah diunggah ulang oleh @makeupstallker di Instagram.

luruhkan karang gigi  Instagram

foto: freepik.com

Stroberi adalah buah yang mengandung beragam senyawa bermanfaat, seperti asam malat, vitamin, dan serat. Asam malat memiliki kemampuan efektif untuk membersihkan lapisan kotoran pada gigi, sehingga bisa pula memulihkan kecerahan alami gigi. Di samping itu, vitamin C dalam stroberi bisa memperkuat gusi dan merangsang pembentukan enamel gigi yang lebih kokoh. Sedangkan serat di dalamnya berperan penting dalam membersihkan sisa makanan yang menempel, mencegah pembentukan plak dan karang gigi.

luruhkan karang gigi  Instagram

foto: freepik.com

Baking soda pada dasarnya memiliki sifat eksfoliasi yang lembut untuk mengangkat plak membandel dan memutihkangigi. Tak hanya itu, sifat basa yang terkandung dalam baking soda juga bisa membantu mengurangi tingkat keasaman di mulut, yang berperan dalam mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES