Nggak perlu lemon, ini trik cegah komedo dan pori besar pada wajah berminyak pakai 1 jenis sari buah

Nggak perlu lemon, ini trik cegah komedo dan pori besar pada wajah berminyak pakai 1 jenis sari buah

Brilio.net - Menjaga kebersihan wajah merupakan hal wajib dilakukan jika menginginkan wajah yang sehat. Namun sayangnya, karena kurangnya perhatian membuat wajah rentan mengalami berbagai permasalahan kulit. Apalagi jika memiliki jenis wajah berminyak yang lebih berisiko mengalami berbagai masalah. Salah satunya adalah komedo.

Komedo merupakan benjolan kecil pada kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Komedo memang termasuk jenis jerawat, tetapi tipe jerawat ini masih termasuk ringan. Salah satu bagian wajah yang kerap kali terdapat komedo adalah bagian hidung, jidat, dan dagu.

Komedo dapat terbentuk ketika folikel rambut di kulit mengalami penyumbatan. Nah, setiap folikel juga terdapat kelenjar yang menghasilkan minyak yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Namun saat jumlah minyak yang dihasilkan terlalu banyak, maka sel kulit mati dan minyak juga semakin menumpuk pada folikel rambut. Sehingga timbul benjolan yang disebut komedo.

Tampilan komedo akan membuat pori-pori wajah tampak membesar. Hal ini dikarenakan jika kotoran yang menyumbat tak segera diatasi, maka akan membuat tampilan pori jauh lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan untuk mengurangi minyak di wajah guna mencegah hal ini terjadi.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nggak perlu lemon, karena pemilik akun TikTok @fatimashargeel pada 13 Juni 2023, justru menggunakan 1 jenis sari buah, yakni semangka. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung beras dan bubuk kunyit.

"Face pack for oily skin (Paket wajah untuk kulit berminyak)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @fatimashargeel, Senin (9/10).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES