Nggak perlu facial, ini trik bersihkan pori tersumbat penyebab komedo cuma pakai 1 bahan kue

Nggak perlu facial, ini trik bersihkan pori tersumbat penyebab komedo cuma pakai 1 bahan kue

Brilio.net - Komedo adalah masalah kulit wajah yang dapat menjadi cikal bakal munculnya jerawat. Pasalnya, komedo merupakan kondisi yang terjadi saat kotoran bercampur dengan sebum yang menyumbat pori-pori. Padahal pori-pori memiliki fungsi penting sebagai tempat keluarnya sebum, yang berperan untuk menjaga hidrasi kulit secara alami.

Komedo terbagi menjadi 2 jenis yaitu komedo hitam dan putih. Meski keduanya sama-sama menyebalkan, namun komedo hitam lebih sering mengganggu penampilan. Karena akan menimbulkan bintik-bintik hitam kasar di wajah dan membuat warna kulit jadi tidak merata.

Produksi sebum memiliki peran penting dalam pembentukan komedo. Berbagai faktor seperti genetik dan hormonal, bisa membuat produksi sebum jadi melebihi batas normal, sehingga wajah jadi rentan berminyak. Nah, wajah yang berminyak ini akan membuat kotoran seperti debu, sel kulit mati, polusi, dan sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal mudah menempel pada wajah dan terjebak di pori-pori.

Jika terus dibiarkan, maka komedo akan muncul lebih banyak dan bisa berakibat pada jerawat meradang. Sebenarnya kondisi ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara, seperti melakukan perawatan facial di klinik kecantikan, menggunakan skincare, dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES