Nggak perlu deodoran, begini trik hilangkan bau keringat cuma pakai 1 jenis biji-bijian

Nggak perlu deodoran, begini trik hilangkan bau keringat cuma pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Bau badan yang tidak sedap merupakan sebuah masalah umum dialami banyak orang. Biasanya, orang-orang akan cenderung menggunakan deodoran untuk mengatasi masalah ini. Secara dasar, deodoran memang memiliki kandungan kimia yang dirancang untuk mengurangi atau menghilangkan bau badan.

Salah satu alasan utama mengapa orang-orang masih sering menggunakan deodoran adalah kemudahannya dalam penggunaan dan ketersediaan yang luas di pasaran. Deodoran umumnya dijual dalam berbagai bentuk seperti roll-on, spray, atau stick, sehingga dapat digunakan dengan praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Ironisnya, penggunaan deodoran tertentu justru dapat membuat bau keringat menjadi lebih kuat dan menganggu. Keringat pada dasarnya tidak berbau, namun bau yang tidak sedap ini akan muncul ketika bakteri pada kulit mengurai senyawa-senyawa tertentu yang terkandung dalam keringat.

Ketika deodoran digunakan, kandungan kimia didalamnya bisa berinteraksi dengan keringat dan bakteri, yang dalam prosesnya menghasilkan reaksi kimia yang mengubah aroma keringat menjadi tidak sedap. Selain itu, penggunaan deodoran secara berlebihan bahkan dapat mengganggu keseimbangan bakteri alami pada kulit yang justru dapat meningkatkan produksi bau badan yang tidak enak tersebut.

Namun begitu, kamu yang mengalami masalah ini nyatanya nggak perlu pusing mencari deodoran khusus kok. Pasalnya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa secara efektif membantu mengurangi bakteri sekaligus keringat pada badan sehingga akan meminimalisir bau yang dikeluarkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan biji lerak sebagaimana tips yang dibagikan akun Instagram @tami_andrenari, seperti dilansir dilansir briliobeauty.net pada Rabu (5/7).

trik hilangkan bau keringat  Instagram

trik hilangkan bau keringat
freepik.com

Biji lerak telah dikenal dan digunakan sejak lama sebagai bahan alami untuk membersihkan dan merawat tubuh. Biji lerak mengandung saponin, sejenis zat yang memiliki sifat pembersih dan penghilang bau, termasuk bau pada badan dan baju sekalipun.

Saponin sendiri dapat mengurangi kadar minyak berlebih di kulit serta membunuh bakteri penyebab bau badan. Plus, biji lerak juga mengandung asam oleat yang berguna untuk memberi kelembapan sehingga juga cocok digunakan pada orang yang memiliki kulit kering dan bersisik.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES