Nggak perlu botoks, ini trik bikin toner antikeriput pakai 2 bahan dapur

Nggak perlu botoks, ini trik bikin toner antikeriput pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Kulit keriput adalah kondisi di mana kulit menjadi kering, kusam, dan berkerut. Ini adalah salah satu tanda penuaan alami yang terjadi pada banyak orang seiring bertambahnya usia. Kulit keriput terjadi karena berkurangnya elastisitas kulit dan penurunan produksi kolagen, yang merupakan protein pemberi kekuatan dan kekencangan pada kulit.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi keriput. Faktor internal seperti penuaan alami dan genetik berperan penting dalam proses ini. Sementara itu, faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, merokok, polusi, gaya hidup tidak sehat dan stres juga dapat mempercepat terjadinya keriput.

Untuk mengatasi permasalahan keriput ini kamu membutuhkan perawatan dengan penggunaan toner untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Beberapa toner mengandung bahan-bahan yang dapat memberikan hidrasi tambahan dan nutrisi bagi kulit serta membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya.

Selain beli toner di pasaran, kamu sebenarnya juga bisa membuat toner sendiri dengan bahan-bahan alami. Seperti yang dirangkum briliobeauty.net dari video TikTok @wetaba51, Rabu (17/5) berikut ini. Dalam video tersebut, pemilik akun menunjukkan cara bikin toner dari dua bahan alami yakni timun dan air mawar.

trik bikin toner antikeriput  berbagai sumber

foto: TikTok/@wetaba51

Seperti diketahui, timun mengandung banyak air, sehingga dapat memberikan hidrasi pada kulit. Tekstur dingin dan menyegarkan timun dapat memberikan sensasi segar pada kulit. Timun juga memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori serta mengontrol produksi minyak berlebih di kulit.

(mgg/Azahra Amalia Sugiyarto)

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES