Nggak perlu beli pore pack, 13 cara menghilangkan komedo pakai bahan alami ini bikin wajah auto mulus

Nggak perlu beli pore pack, 13 cara menghilangkan komedo pakai bahan alami ini bikin wajah auto mulus

Brilio.net - Walaupun memiliki ukuran yang kecil, komedo menjadi salah satu masalah kulit yang sering kali mengganggu penampilan. Pasalnya, masalah kulit tersebut muncul sebagai bintik-bintik cokelat kehitaman di pori-pori kulit, sehingga sekilas terlihat seperti kotoran yang bisa mengurangi kemulusan wajah dan membuat warnanya tidak merata.

Namun, komedo merupakan salah satu masalah wajah yang sangat umum terjadi. Hampir semua orang pernah mengalaminya, terutama remaja dan dewasa. Perubahan hormon yang cukup signifikan pada masa pubertas diduga menjadi penyebabnya. Apalagi jika mereka tidak rajin membersihkan wajah.

Komedo terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, polusi, debu, dan kotoran (seperti sisa makeup). Berbagai faktor tersebut juga dapat membuat pori-pori jadi tampak lebih besar. Jika tak segera diatasi maka komedo lama-kelamaan akan menyebabkan permasalahan wajah lainnya, yakni jerawat.

Cara menghilangkan komedo pakai bahan alami Berbagai sumber

Cara menghilangkan komedo pakai bahan alami
freepik.com

Untuk meminimalkan risiko pori-pori tersumbat akibat kotoran yang akan menjadi komedo, kamu tentu harus menjaga kebersihan kulit dengan baik. Selain itu, kamu harus rajin melakukan eksfoliasi wajah dan menggunakan masker khusus untuk mengurangi tampilan komedo. Salah satu masker khusus untuk menghilangkan komedo adalah pore pack.

Pore pack merupakan salah satu produk skincare yang diformulasikan untuk mengangkat kotoran penyebab komedo. Produk ini memang efektif, namun ternyata ada juga bahan alami yang tak kalah efektif untuk mengatasi komedo. Seperti 13 cara menghilangkan komedo pakai bahan alami yang bikin wajah auto mulus, dilansir briliobeauty.net dari berbagai sumber, Selasa (12/3).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES