Nggak perlu beli micellar water, 7 bahan alami ini bisa jadi pembersih makeup

Nggak perlu beli micellar water, 7 bahan alami ini bisa jadi pembersih makeup

Brilio.net - Memiliki kulit wajah yang sehat tentu menjadi dambaan bagi semua orang. Kondisi kulit wajah yang sehat biasanya terhindar dari berbagai permasalahan, seperti jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Merawat kulit wajah menjadi hal yang paling penting dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Salah satu perawatan untuk mendapat kulit wajah sehat adalah dengan membersihkan makeup setelah seharian terpapar polusi dan kotoran yang menjadi penyebab munculnya permasalahan kulit.

Jika tidak segera dibersihkan, bakteri-bakteri yang menempel pada kulit wajah ketika seharian beraktivitas di luar ruangan akan memunculkan permasalahan pada kulit, seperti jerawat, komedo, beruntusan, dan kulit kusam. Maka dari itu, membersihkan wajah menjadi salah satu bentuk perawatan yang tidak boleh ditinggalkan.

Saat membersihkan wajah, kebanyakan orang menggunakan produk pembersih micellar water. Padahal, saat ini micellar water kebanyakan memiliki kandungan alkohol dan fragrance. Tidak semua orang cocok memakai produk yang memiliki kandungan alkohol dan fragrance, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Sebenarnya, ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai pengganti micellar water. Menggunakan bahan alami sebagai alternatif lain untuk membersihkan wajah akan memberikan manfaat yang lebih optimal pada kulit wajah, dan tentunya aman digunakan sehari-hari, bahkan pada kulit yang sensitif.

Berikut 7 bahan alami ysng bisa dijadikan sebagai pembersih makeup sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/4).

1. Minyak kelapa.

Nggak perlu beli micellar water  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti pembersih makeup adalah minyak kelapa. Tak disadari banyak orang, minyak kelapa mampu mengurangi tampilan kilau minyak pada wajah tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Minyak kelapa memiliki kandungan asam linoleat dan lauric acid yang berfungsi untuk membantu melawan jerawat, menghidrasi kulit, serta berperan sebagai antimikroba.

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami bagi pemilik kulit kering, karena selain membersihkan wajah, minyak kelapa juga dapat berperan sebagai pelembap yang akan menghidrasi. Penggunaan minyak kelapa dapat secara ampuh membersihkan makeup dan kotoran yang ada di wajah, bahkan makeup yang bersifat waterproof sekalipun.

2. Yogurt.

Nggak perlu beli micellar water  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bukan hanya bisa dikonsumsi, ternyata yogurt juga dapat dijadikan sebagai alternatif pembersih wajah alami. Yogurt dapat membantu meremajakan dan melembutkan kulit sekaligus.

Bahan alami ini mengandung protein dan lactic acid yang mampu mendetoksifikasi kulit dari berbagai bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit wajah. Lactid acid pada yogurt berfungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Sementara protein dapat membantu mengencangkan kulit dan menyamarkan garis halus pada wajah.

Cara menggunakan yogurt sebagai pembersih makeup adalah cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan yogurt dan 2 sendok teh madu. Lalu, aplikasikan pada wajah dan bersihkan dengan handuk basah.

Mgg: Jessica Tosya

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES