Nggak perlu beli, begini trik atasi bibir kering dan mengelupas pakai lip mask dari 1 jenis minyak

Nggak perlu beli, begini trik atasi bibir kering dan mengelupas pakai lip mask dari 1 jenis minyak

Brilio.net - Permasalahan bibir yang paling umum dialami kebanyakan orang adalah bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan mengelupas tentu dapat mengganggu kecantikan wajah. Selain itu, kondisi bibir yang pecah-pecah lebih mudah terluka dan menimbulkan rasa sakit.

Bila keadaan ini tidak diobati, maka bisa menyebabkan infeksi pada bibir. Bagi wanita, bibir kering dan mengelupas membuat lipstik yang dipakai tidak menempel dengan baik. Pada dasarnya, bibir kering dan mengelupas bukanlah masalah kesehatan yang serius. Kondisi ini biasa terjadi terutama jika seseorang memiliki kebiasaan menjilat dan menggigit bibir atau menggunakan produk yang mengiritasi dan membuat bibir kering.

Tidak seperti bagian kulit tubuh lainnya, kulit bibir cenderung sensitif karena tidak memiliki melanin, yaitu pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit dari sinar matahari. Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkannya. Hal inilah yang menyebabkan bibir lebih mudah kering dibandingkan bagian kulit lainnya.

Setelah mengetahui penyebab bibir kering dan mengelupas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak merasakan bibir pecah-pecah yang dapat membuat kurang percaya diri. Salah satunya adalah dengan menggunakan lip mask.

Masker bibir atau lip mask merupakan salah satu perawatan bibir yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, mengelupas, berkerut, serta tampak kusam. Sekilas, lip mask mirip dengan lip balm dari segi bentuk maupun fungsinya, yakni membuat bibir terasa lebih lembap.

Saat ini sudah banyak produk lip mask di pasaran dengan berbagai klaim dan harganya yang bervariatif. Namun tahukah kamu kalau ternyata kamu bisa lho membuat lip mask sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih murah, lip mask buatan juga tak kalah efektif dari lip mask yang kamu beli di pasaran.

Jika kamu ingin membuatnya, kamu bisa meniru cara yang dibagikan pemilik akun TikTok @bubbletcosmetics pada 29 Maret 2023. Melalui video itu, pemilik akun membagikan trik atasi bibir kering dan mengelupas pakai lip mask dari 1 jenis minyak, yaktu castor oil. Tak hanya castor oil, karena pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu shea butter, vitamin E, dan bubuk matcha sebagai pewarna dan pemberi aroma alami.

"Save yourself some money (Hemat uang kamu sendiri)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bubbletcosmetics, Kamis (22/6).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES