Nggak hanya aloe vera, ini trik hempaskan tekstur kasar pada kulit kering pakai krim dari 1 jenis buah

Nggak hanya aloe vera, ini trik hempaskan tekstur kasar pada kulit kering pakai krim dari 1 jenis buah

Brilio.net - Kulit manusia sejatinya dirancang untuk melindungi tubuh secara maksimal dengan memiliki beberapa lapisan yang menyusun keseluruhan bagian kulit. Pada permukaannya, kulit dilapisi oleh lapisan pelindung yang disebut stratum korneum.

Stratum korneum ini berperan penting sebagai penghalang utama melawan gangguan dari lingkungan luar, seperti polusi, radiasi ultraviolet (UV), dan sebagainya. Selain itu, stratum korneum juga bertanggung jawab untuk menjaga kelembapan alami kulit.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, lapisan stratum korneum tersebut juga akan terkikis sedikit demi sedikit oleh faktor-faktor eksternal yang telah disebutkan tadi. Akibatnya, lapisan yang awalnya dilindungi tadi justru lama-kelamaan akan menjadi rusak.

Selain itu, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen pun akan semakin turun sehingga mengakibatkan hilangnya elastisitas dan kekenyalan alaminya. Dalam prosesnya, tekstur kulit pun akan mengalami perubahan dari awalnya lembut menjadi terasa kasar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu poin penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana mengembalikan faktor-faktor pemberi hidrasi di dalam kulit dan mempertahankan kelembapan alaminya. Berangkat dari hal tersebut, kamu bisa banget memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif lho.

Salah satunya adalah dengan menggunakan buah alpukar bersama minyak zaitun dan aloe vera sebagaimana dibagikan oleh @missbeautifu1 melalui Instagram, dilansir oleh briliobeauty.net pada Rabu (2/8).

Nggak hanya aloe vera  Instagram

foto: freepik.com

Alpukat merupakan salah satu buah "superfood" yang kaya akan kandungan lemak sehat, terutama asam lemak seperti oleat. Komponen ini berperan penting dalam membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan.

Alpukat juga kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Plus, kandungn vitamin C dalam buah ini juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang berkontribusi dalam regenerasi kulit serta menjadikannya kenyal dan lembut.

Nggak hanya aloe vera  Instagram

foto: freepik.com

Minyak zaitun sendiri adalah salah satu minyak alami yang terkenal akan kemampuannya untuk melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung banyak komponen asam lemak dan vitamin E yang sangat efektif dalam menjaga kelembapan alami kulit. Sifat antiinflamasi dalam minyak zaitun juga bisa meredakan peradangan dan iritasi pada kulit kasar yang rentan kering.

Nggak hanya aloe vera  Instagram

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES