Nggak cuma serai, ini trik bikin wajah kinclong bebas flek hitam pakai tambahan 1 jenis daun

Nggak cuma serai, ini trik bikin wajah kinclong bebas flek hitam pakai tambahan 1 jenis daun

Brilio.net - Hiperpigmentasi atau flek hitam merupakan masalah kulit yang umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih. Kondisi ini terjadi ketika kulit memproduksi zat melanin berlebih untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Sehingga akan muncul bercak-bercak hitam kecokelatan di beberapa area kulit, terutama wajah.

Selain paparan sinar matahari, ada juga faktor lain yang dapat memicu flek atau hiperpigmentasi. Misalnya, peradangan pada kulit akibat jerawat atau luka yang dapat meningkatkan produksi melanin di area yang terkena. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok atau mengandung bahan kimia keras juga dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi pada kulit penyebab munculnya flek hitam.

Hiperpigmentasi juga biasa disebut dengan bintik hitam atau flek hiperpigmentasi. Masalah kulit ini bisa terjadi pada siapa saja dan segala usia. Meski tidak berbahaya, namun munculnya flek hitam ini dapat membuat penderitanya kurang percaya diri. Pasalnya warna kulit wajah jadi tidak merata.

Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk menghilangkannya. Salah satu upaya yang paling banyak digunakan adalah pemanfaatan bahan-bahan alami untuk mengatasi flek akibat hiperpigmentasi wajah. Nggak cuma serai, karena pemilik akun TikTok @yasir_hamdani punya cara atasi flek hitam dengan menambahkan bahan berupa daun jambu biji.

"ATASI MUKA KUSAM JADI KINCLONG DAN HILANGKAN FLEK HITAM SECARA ALAMI," ungkapnya dalam keterangan video yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @yasir_hamdani, Jumat (20/10).

Menjadi rempah dapur yang dapat menambah cita rasa masakan, serai ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah lho. Serai memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang bisa membantu mengatasi jerawat dan flek akibat hiperpigmentasi.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES