Nggak cuma pakai susu, ini cara atasi flek hiperpigmentasi wajah pakai tambahan 1 bahan minuman

Nggak cuma pakai susu, ini cara atasi flek hiperpigmentasi wajah pakai tambahan 1 bahan minuman

Brilio.net - Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika beberapa area kulit lebih gelap dari area lainnya. Kondisi ini biasanya muncul dengan bentuk seperti bercak-bercak hitam kecokelatan di permukaan kulit. Tak heran kondisi ini juga disebut dengan flek hiperpigmentasi. Ini bisa terjadi di area wajah, tangan, atau kulit tubuh lain yang rentan terpapar sinar matahari.

Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti peradangan pada kulit, paparan sinar matahari berlebihan, penuaan kulit, penggunaan obat-obat tertentu semisal pil KB, dan kehamilan. Dari berbagai faktor tersebut, paparan sinar matahari menjadi penyebab paling umum munculnya flek hiperpigmentasi.

Pasalnya, sinar UV matahari akan memicu produksi melanin (pigmen kulit) secara berlebih sebagai upaya perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari. Nah, melanin yang berlebihan inilah yang akan memunculkan bercak atau flek hitam di permukaan kulit. Adanya flek hiperpigmentasi bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, keberadaan bintik-bintik gelap tersebut dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Terutama jika berada di area wajah.

Kondisi ini akan membuat wajah jadi tampak kusam dan memiliki warna kulit tidak merata. Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memudarkannya.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES