Nggak cuma madu, ini trik tuntaskan flek hitam dan jerawat sekaligus pakai 1 jenis buah

Nggak cuma madu, ini trik tuntaskan flek hitam dan jerawat sekaligus pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat adalah masalah umum yang bisa dialami setiap orang di berbagai rentang usia. Munculnya jerawat seringkali disebabkan oleh produksi berlebihan minyak oleh kelenjar sebaceous di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan memungkinkan bakteri berkembang biak. Apabila hal ini terjadi, penyumbatan tersebut kemudian bisa menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat. Masalah ini sendiri bisa dipicu oleh beberapa faktor, mulai dari polusi lingkungan, perubahan hormon, stres berlebihan, dan hingga konsumsi makanan dan gaya hidup yang tidak sehat sekalipun.

Sementara itu, sebagaimana namanya, flek hitam merupakan sebutan bagi noda gelap yang muncul pada permukaan kulit. Tidak jauh berbeda dengan jerawat, flek hitam sendiri umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi yang berlebihan. Paparan sinar UV merangsang melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin sebagai mekanisme perlindungan dari kerusakan sinar UV. Produksi pigmen warna yang berlebihan ini kemudian akan terakumulasi menjadi spot-spot hitam pada kulit.

Salah satu metode umum yang ampuh untuk melindungi kulit dari kedua masalah di atas adalah penggunaan tabir surya (sunscreen). Akan tetapi, kamu juga bisa membarenginya dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif memudarkan kedua problematika kulit tadi. Salah satu triknya adalah menggunakan buah pepaya bersama madu dan kunyit sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Senin (14/8) dari @beglamrs di Instagram.

tuntaskan flek hitam dan jerawat sekaligus  Instagram

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES