Nggak cuma madu, begini cara mengatasi wajah kering dan mudah iritasi pakai tambahan 2 bahan dapur

Nggak cuma madu, begini cara mengatasi wajah kering dan mudah iritasi pakai tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Seperti diketahui, setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jenis kulit kering, berminyak, sensitif, hingga kombinasi. Memiliki jenis kulit kering memang membutuhkan perawatan ekstra. Jika salah dalam perawatan, maka akan berdampak buruk seperti kulit mengelupas, bersisik, hingga iritasi.

Seperti dilansir dari laman Healthline, kulit kering bisa dialami di beberapa bagian tubuh, mulai dari tangan, lengan, kaki hingga wajah. Itulah sebabnya kondisi kulit kering perlu dirawat, supaya tak hanya halus dan berseri, melainkan juga sehat. Meski bisa dialami di beberapa area, namun wajah adalah bagian tubuh yang rentan mengalami kulit kering. Mengingat wajah memiliki kulit yang tipis dan sering terpapar radikal bebas.

Jika kondisi kulit terlihat mengelupas, memerah, bersisik, dan gatal, itu tandanya jenis kulitmu tergolong kering dan sedang mengalami iritasi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetik, pengaruh buruk lingkungan, perubahan cuaca, kekurangan nutrisi, paparan iritan, air yang terkontaminasi, cara mandi yang tidak tepat atau berlebihan, serta keluhan medis tertentu.

Kulit kering mungkin akan terasa sangat mengganggu. Karena itu, kamu perlu mengidentifikasi penyebab serta memahami cara mengatasi kulit kering yang menyebabkan iritasi kulit. Menurut penelitian tahun 2020 dalam Journal of Dermatological Treatment, perawatan kulit secara konsisten bisa mengatasi kulit kering. Bila dilakukan dengan benar, kulit kering dapat sembuh sendiri.

Nah, kamu bisa mengatasi masalah kulit wajah ini dengan berbagai cara. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare khusus kulit kering atau yang mengandung pelembap, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES