Nggak cuma air mawar, ini cara lawan munculnya tanda penuaan di wajah pakai krim dari 1 jenis rempah

Nggak cuma air mawar, ini cara lawan munculnya tanda penuaan di wajah pakai krim dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Tubuh manusia sejatinya terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan pada usia muda, termasuk pada bagian kulit. Namun pada tahap tertentu, proses tumbuh kembang ini akan berhenti dan mulai masuk ke proses penurunan fungsi keseluruhan organ tubuh secara bertahap, termasuk diantaranya adalah perubahan pada struktur kulit. Nah, siklus inilah yang sering disebut banyak orang sebagai fase penuaan.

Salah satu tanda-tanda yang tampak pada kulit yang mengalami proses penuaan adalah munculnya keriput serta garis-garis halus pada area wajah. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya kulit akan kehilangan kemampuan alami untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan akibat penurunan produksi kolagen dan elastin dalam kulit seiring bertambahnya usia. Selain itu, penurunan produksi minyak dan rusaknya serat kolagen dan elastin tadi akibat paparan sinar matahari dalam waktu yang lama pada akhirnya akan menyebabkan kulit mengalami keriput lebih cepat. Makanya tidaklah mengherankan bila tanda-tanda penuaan dapat muncul bahkan di umur yang masih notabene muda sekalipun.

Akan tetapi, kamu nggak perlu panik kok. Selain tentunya kamu harus mencoba melakukan gaya hidup yang lebih sehat, kamu juga bisa mengandalkan berbagai bahan alami untuk dimanfaatkan kandungannya sebagai solusi alternatif mengatasi masalah penuaan dini. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan rempah saffron bersama dengan aloe vera, minyak almond, dan air mawar sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @ani_beautydiy di Instagram pada Senin (21/8).

lawan munculnya tanda penuaan  Instagram

foto: freepik.com

Saffron adalah sejenis rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Helaian saffron ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga efektif membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen pada kulit. Selain itu, zat crocin dalam saffron dapat membantu memuluskan kulit dan mengurangi penampilan kerutan dan bintik-bintik penuaan.

lawan munculnya tanda penuaan  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera telah lama dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kulit. Gel dari daun aloe vera mengandung mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Di sisi lain, kandungan asam amino dan vitamin dalam aloe vera membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

lawan munculnya tanda penuaan  Instagram

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES