Kulit tetap kenyal, cara atasi wajah kering menurut dokter ini cuma pakai 1 jenis minyak

Kulit tetap kenyal, cara atasi wajah kering menurut dokter ini cuma pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Punya jenis kulit yang kering bisa membuat siapa pun merasa nggak nyaman dan kurang percaya diri. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu merawat kulit wajah supaya tetap sehat dan terawat.

Kulit wajah kering adalah masalah umum yang banyak dihadapi oleh banyak orang, terutama pada musim dingin atau cuaca yang kering. Kondisi ini dapat membuat wajah terasa tidak nyaman dan tampak kurang bercahaya.

Kulit kering sendiri disebabkan oleh dehidrasi, penuaan, dan penumpukan sel kulit mati. Faktor dari luar seperti paparan sinar matahari dan asap rokok juga menjadi penyebab kulit kering. Sebenarnya kulit kering juga disebabkan karena kulit tidak bisa menjaga kelembapan dan menurunnya tingkat sebum.

Tak hanya itu saja, kulit juga bisa menjadi lebih kering saat bulan puasa. Pasalnya, kulit akan kehilangan hidrasi akibat kurangnya asupan cairan saat sedang berpuasa. Karena itulah, kulit rentan mengalami kering dan mengelupas.

Bahkan, kulit kering terkadang juga bisa dapat disertai dengan gejala lain, seperti kulit sensitif, jerawat, dan iritasi atau gatal-gatal. Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari pelembap. Selain itu kulit kering membutuhkan hidrasi, makanan, dan kelembapan yang lebih sering dibandingkan kulit normal ataupun berminyak.

Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami atau bahan-bahan yang ada di sekitar kamu. Seperti yang dibagikan oleh salah seorang dokter melalui akun YouTube pribadinya dokter dwi pada 18 Mei 2019.

Dalam video yang berdurasi 5 menit 7 detik tersebut, sang dokter menjelaskan cara mengatasi wajah kering saat berpuasa menggunakan beberapa jenis minyak. Salah satunya adalah minyak zaitun atau baby oil.

"Perawatan kulit kering saat berpuasa," tulis sang dokter sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun YouTube dokter dwi, Senin (11/3).

Atasi wajah kering menurut dokter Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan minyak zaitun untuk mengatasi kulit kering.

Minyak zaitun dapat mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapannya. Dilansir dari Healthline, minyak zaitun dikenal dengan kemampuannya melembapkan dan menghidrasi kulit bagi pemilik kulit kering. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan squalene dan vitamin E di dalam olive oil.

Kandungan squalene di dalamnya itulah yang berperan dalam mengunci air di kulit, sedangkan vitamin E meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap air. Dengan kedua peran ini, minyak zaitun bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Zat ini merupakan bahan baku jaringan di bawah kulit yang membuat kulit lebih kenyal dan kencang. Senyawa antioksidan pada minyak zaitun memiliki efek antipenuaan, karena mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek radikal bebas.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES