Kulit bebas iritasi, ini cara membuat masker untuk atasi kemerahan pada wajah pakai 1 bahan makanan

Kulit bebas iritasi, ini cara membuat masker untuk atasi kemerahan pada wajah pakai 1 bahan makanan

Brilio.net - Kulit sensitif merupakan salah satu jenis kulit yang rentan mengalami iritasi. Kulit iritasi biasanya ditandai dengan ruam kemerahan, kering bersisik, disertai rasa gatal atau perih pada kulit. Jika diabaikan, iritasi bisa berujung pada masalah kulit yang lebih buruk.

Penyebab iritasi kulit bisa beragam. Seperti hawa panas yang menyebabkan biang keringat, alergi pada makanan tertentu, bahan pakaian yang tidak menyerap, bahan nikel dari perhiasan, parfum, dan produk kecantikan, hingga gigitan serangga. Meski sering muncul tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya, bukan berarti kamu bisa menunda untuk mengobati iritasi kulit.

Kemerahan yang muncul biasanya berupa ruam dan warna kulit wajah yang berubah menjadi merah pada titik tertentu. Adanya kemerahan di wajah membuat sebagian orang jadi kurang merasa percaya diri dengan penampilannya. Tak sedikit pula yang merasa panik lalu mencoba bermacam-macam produk skincare tanpa memperhatikan terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Justru hal tersebut bisa menyebabkan kemerahannya tak kunjung sembuh karena kurang hati-hati dalam merawatnya.

Jangan menganggap kemerahan di wajah adalah hal sepele, sebab bisa saja memicu munculnya jerawat ataupun permasalahan baru pada kulit. Terutama jika sering digaruk atau disentuh menggunakan tangan kotor, hal ini justru semakin memperburuk keadaan. Oleh karenanya, kamu harus berhati-hati dalam melakukan perawatan.

Ada beberapa cara menghilangkan kemerahan di wajah secara alami dan sebagai pertolongan pertama saat kamu mengalaminya. Perlu diingat, untuk tidak sembarangan dalam memilih produk untuk mengurangi kemerahan dan pilihlah pereda yang berguna untuk menenangkan kulit. Salah satu cara merawat kemerahan pada wajah adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan video yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @salmeen_c. Video tersebut berisi tentang cara membuat masker untuk atasi kemerahan pada wajah pakai 1 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah oatmeal. Tak hanya oatmeal, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu madu dan air mawar.

"How to make a soothing DIY face mask with Oatmeal for irritated skin (Cara membuat masker wajah DIY yang menenangkan dengan Oatmeal untuk kulit yang teriritasi)," ungkapnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @salmeen_c, Rabu (21/6).

Cara membuat masker untuk atasi kemerahan pada wajah pakai 1 bahan makanan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dikenal sebagai makanan sarapan sehat, oatmeal ternyata juga memiliki manfaat luar biasa untuk perawatan kulit, terutama wajah. Kekuatan alami oatmeal dalam menjaga kelembapan kulit, mengatasi peradangan, dan membersihkan pori-pori telah membuatnya menjadi bahan favorit dalam dunia perawatan kecantikan.

Oatmeal memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan pada kulit. Ini berguna untuk mengurangi kemerahan, iritasi, dan ruam pada wajah. Oatmeal juga dapat membantu mengurangi gatal-gatal akibat peradangan.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES