Kembali mulus tanpa noda, ini cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pakai 1 jenis buah

Kembali mulus tanpa noda, ini cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Musim hujan memang identik dengan kemunculan nyamuk yang cukup banyak dan meresahkan. Belum lagi gigitannya yang cukup membuat gatal. Selain dapat menyebabkan gatal, ternyata gigitan nyamuk juga dapat meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang. Saat mengisap darah manusia, nyamuk akan menyuntikkan air liur yang dapat memicu peradangan, bengkak, dan rasa gatal pada kulit.

Biasanya, gigitan serangga seperti nyamuk hanya akan menyebabkan iritasi ringan saja. Namun, bukan berarti kamu bisa lengah dan tidak waspada. Sebab, sejumlah nyamuk bisa membawa penyakit. Nyamuk bisa saja membawa virus berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit seperti malaria, demam berdarah dan lain-lain.

Nyamuk menentukan target mangsanya berdasarkan bau dan panas tubuh, embusan napas, dan senyawa di dalam keringat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan diri agar tidak menjadi sasaran nyamuk dan terhindar dari bekas gigitan nyamuk. Tetapi dalam beberapa kasus, gigitan nyamuk meninggalkan bekas yang lebih permanen, seperti menghitam atau luka kecil berbentuk lubang jarum. Hal ini kerap dijumpai pada orang dewasa. Sebaliknya, pada anak-anak cenderung menimbulkan tonjolan yang memerah.

Penyebab paling umum bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam pada orang dewasa, biasanya karena infeksi, alergi, radang, dan hiperpigmentasi pasca inflamasi. Setelah gejala mereda, kamu mungkin melihat bintik hitam melingkar di mana gigitan terjadi. Itu disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Jenis noda tersebut cenderung memudar perlahan selama beberapa bulan. Sejumlah perawatan dan pengobatan rumahan mungkin bisa membantu memudarkannya.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti unggahan video yang dibagikan oleh akun TikTok @wulan0032 pada 7 Oktober 2020. Unggahan tersebut berisi tentang cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pakai 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah mentimun. Selain mentimun, pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu bawang merah.

"Cara menghilangkan bekas luka/gigitan nyamuk," katanya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @wulan0032, Sabtu (8/7).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES