Jangan dioles pasta gigi, ini trik agar komedo hidung bersih tuntas pakai 2 bahan pemanis

Jangan dioles pasta gigi, ini trik agar komedo hidung bersih tuntas pakai 2 bahan pemanis

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang umumnya mulai timbul ketika seseorang menginjak usia remaja. Dalam ranah medis, komedo merupakan permasalahan pada kulit yang timbul akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Penyumbatan ini akan membuat kotoran menumpuk di rongga pori-pori hingga menghasilkan bintik-bintik kecil, yang dikenal sebagai komedo.

Komedo dapat muncul dalam dua varian, yaitu komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terjebak di bawah lapisan kulit. Sebaliknya, komedo hitam terbentuk ketika pori-pori kulit tetap terbuka sehingga kotoran tersebut mengalami oksidasi akibat interaksi dengan udara, menghasilkan warna hitam pada permukaan komedo.

Salah satu area kulit yang paling rentan terhadap komedo adalah hidung, yang disebabkan oleh banyaknya kelenjar minyak (sebaceous glands) pada kulit hidung. Terkadang, kelenjar minyak ini dapat memproduksi sebum di luar batas normal akibat pengaruh faktor hormon atau kondisi cuaca panas menyengat yang merangsang kelenjar sebum tersebut. Kelebihan produksi sebum ini kemudian memudahkan kotoran menempel di kulit, menyebabkan penyumbatan pori-pori yang sulit dihindari. Inilah yang pada akhirnya mengakibatkan pembentukan komedo.

hidung bersih tuntas  Instagram

foto: freepik.com

Bagi kamu yang menghadapi masalah ini, nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif selain menggunakan produk komersil di luar sana. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran gula, madu, dan aloe vera sebagaimaa dilansir briliobeauty.net pada Senin (9/10)) dari @get_beauty_glow_everyday di Instagram.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES