Jangan digaruk, 9 bahan alami ini bisa atasi gatal-gatal pada kulit

Jangan digaruk, 9 bahan alami ini bisa atasi gatal-gatal pada kulit

Brilio.net - Kulit gatal-gatal adalah kondisi yang umum dialami banyak orang di berbagai rentang usia. Sensasi gatal yang tidak tertahankan pada kulit dapat menjadi sangat mengganggu kenyamanan sehari-hari, dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Salah satu penyebab yang paling umum adalah reaksi alergi terhadap bahan kimia, seperti deterjen, sabun, atau kosmetik.

Selain itu, kondisi medis seperti dermatitis atopik, eksim, urtikaria, atau psoriasis juga dapat menyebabkan kulit gatal. Infeksi jamur, seperti kurap atau kadas, juga bisa menjadi pemicu kulit gatal-gatal.

Faktor lingkungan seperti suhu ekstrem, kelembapan rendah, atau paparan sinar matahari berlebihan juga dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit. Gejala kulit gatal-gatal bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Beberapa gejala umum meliputi rasa gatal yang intens, kemerahan, pembengkakan, ruam, kulit kering atau bersisik, dan bahkan terkadang timbulnya luka akibat garukan berlebihan.

Umumnya orang mengatasi permasalahan kulit gatal-gatal dengan pengobatan medis, tetapi ada juga beberapa langkah pengelolaan mandiri yang dapat dilakukan untuk meredakan gatal-gatal pada kulit. Seperti, menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara teratur menggunakan air hangat dan sabun yang lembut, serta menghindari menggaruk area gatal secara berlebihan.

Selain itu, ada juga beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit gatal-gatal. Berikut 9 rekomendasi bahan alami untuk mengatasi kulit gatal-gatal sebagaimana briliobeauty.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (25/5).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES