Jangan asal pencet, ini trik atasi tipe kulit berminyak dan jerawatan pakai 1 jenis topping minuman

Jangan asal pencet, ini trik atasi tipe kulit berminyak dan jerawatan pakai 1 jenis topping minuman

Brilio.net - Berminyak dan berjerawat adalah salah satu kondisi kulit yang sering dialami banyak orang. Salah satu ciri utama dari tipe kulit ini ditandai dengan produksi sebum berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit wajah, sehingga mengakibatkan kelebihan minyak pada permukaan kulit.

Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat, komedo, dan peradangan kulit lain yang pastinya sangat mengganggu. Munculnya masalah ini pun dapat didasari beberapa faktor seperti perubahan hormonal, stres, pola makan yang tidak sehat, hingga paparan polusi udara yang kotor.

Meskipun jelas bahwa kondisi kulit ini merupakan suatu hal yang mengganggu, seringkali orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat malah cenderung melakukan kebiasaan yang bisa memperburuk kondisi kulit mereka. Salah satu kebiasaan yang sangat umum adalah memencet jerawat.

Meskipun mungkin terasa memuaskan saat jerawat tersebut meletus dan terkesan hilang, memencet jerawat justru dapat meningkatkan risiko peradangan dan infeksi kulit lho. Yang ada, pada akhirnya jerawat akan berubah menjadi luka atau bekasnya sulit hilang.

Bagi kamu yang menghadapi masalah ini, daripada asal mencet, mendingan kamu mencari solusi-solusi aman dan alami yang tentunya dapat dengan mudah dibuat dan digunakan tanpa harus menguras dompet. Salah satunya dengan menggunakan bubuk kayu manis (cinnamon) bersama madu seperti yang diperagakan akun Instagram @pathan_awais, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (13/7).

Manfaat bahan yang digunakan

Jangan asal pencet  Instagram

Jangan asal pencet
freepik.com

Kayu manis memiliki kandungan senyawa antioksidan dan antiseptik seperti kumarin, eugenol, dan trans-kanelaldehida. Senyawa-senyawa ini membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan ini juga secara efektif bekerja membersihkan pori-pori sehingga potensi munculnya jerawat juga semakin berkurang.

Jangan asal pencet  Instagram

Jangan asal pencet
freepik.com

Madu, di sisi lain, mengandung enzim yang membantu membersihkan pori-pori dan menghilangkan kotoran serta racun yang terperangkap di dalamnya. Antioksidan dalam madu juga membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

(brl/ola)

tags

STORIES