Jangan asal konsumsi, ini 6 bahan makanan yang harus dihindari saat jerawatan ala rekomendasi dokter

Jangan asal konsumsi, ini 6 bahan makanan yang harus dihindari saat jerawatan ala rekomendasi dokter

Brilio.net - Munculnya jerawat yang tak diduga-duga mungkin membuat kamu frustasi. Terlebih lagi saat jerawat sedang meradang, hal ini membuat kulit kamu terasa nyeri. Tak hanya itu, terkadang tangan juga ingin memencet jerawat agar cepat hilang. Namun kebiasaan tersebut tidak dianjurkan lantaran bisa bikin bekas jerawat susah hilang.

Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh produksi minyak berlebihan oleh kelenjar sebaceous pada kulit. Ketika minyak berlebihan ini dicampur dengan sel-sel kulit mati, pori-pori dapat tersumbat dan menyebabkan munculnya jerawat.

Penyumbatan tersebut membuat bakteri propionibacterium yang hidup di dalam kulit menjadi aktif dan berkembangbiak. Nah, ketika bakteri ini berkembang biak di dalam pori-pori yang tersumbat, mereka dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat.

Ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat, mulai dari menggunakan produk antijerawat dan mengaplikasikan acne patch. Namun semua cara tersebut bisa saja tidak berguna saat kamu salah mengonsumsi makanan. Ada beberapa bahan makanan yang justru bisa memperparah jerawat kamu, lho.

bahan makanan yang harus dihindari saat jerawatan berbagai sumber

foto: YouTube/@SaddamIsmail

"Berdasarkan penelitian makanan itu memengaruhi hormonal dan juga memengaruhi produksi minyak," jelas Dokter Saddam Ismail, dikutip dari kanal YouTubenya @saddamismail, Rabu (1/5).

Nah, apa saja bahan makanan yang bisa menimbulkan jerawat? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube Dokter Saddam Ismail, Rabu (1/5).

1. Cokelat.

Bahan makanan pertama yang bisa bikin jerawat kamu menjadi parah adalah cokelat. Bagi kamu yang suka cokelat mungkin bisa mengurangi konsumsi cokelat. Hal ini dikarenakan cokelat bisa memudahkan bakteri penyebab jerawat untuk menginfeksi, sehingga bisa memicu jerawat meradang dan sulit dihilangkan.

(brl/lea)

tags

STORIES