Jadi hitam lebat tanpa biji jintan, ini trik kurangi rambut rontok beruban pakai 3 bahan dapur

Jadi hitam lebat tanpa biji jintan, ini trik kurangi rambut rontok beruban pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Rambut merupakan pendukung penampilan manusia. Rambut memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung dan membantu menjaga suhu tubuh.

Akan tetapi, fungsi rambut di atas akan sulit berjalan maksimal apabila rambut terkena berbagai masalah. Beberapa masalah yang sering muncul dan mengganggu fungsi rambut tersebut adalah kerontokan dan uban, 2 masalah yang acap datang seiring bertambahnya usia.

Kerontokan rambut merujuk pada kondisi di mana helai-helai rambut lepas secara berlebihan dari akar atau kulit kepala. Kerontokan yang terjadi secara berlebihan dapat menyebabkan penipisan dan kebotakan di kepala.

Sementara itu, uban merupakan kondisi memudarnya warna alami rambut, sehingga perlahan menjadi memutih. Baik uban dan kerontokan rambut ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang atas penampilannya.

Salah satu penyebab utama dari kerontokan berlebih yang sering dialami banyak orang ialah kering dan rapuhnya akar rambut akibat paparan sinar UV matahari dan polusi udara secara berkelebihan. Kedua hal ini dalam prosesnya dapat membuat kelembapan alami di dalam rambut menguap sehingga kulit kepala dan batang rambut itu menjadi kering dan rapuh. Ujungnya, helai-helai rambut yang tidak mampu mempertahankan kekuatannya akan lepas dari kulit kepala satu per satu.

Sementara itu, kemunculan uban pada dasarnya disebabkan hilangnya pigmen warna melanin di folikel rambut akibat berkurangnya produksi sel-sel melanosit seiring bertambahnya umur.

Walau akan terjadi secara alami, tumbuhnya uban juga bisa diperparah akibat kekurangan nutrisi, stres, hingga merokok yang berefek merusak proses produksi melanin di rambut. Alhasil, tak mengherankan bahwa banyak orang berusia muda pun memiliki uban di rambutnya.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES