Ini perbedaan skincare malam kulit berminyak dan kulit kering, bikin wajah sehat bebas masalah

Ini perbedaan skincare malam kulit berminyak dan kulit kering, bikin wajah sehat bebas masalah

Brilio.net - Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda. Di dunia kecantikan, terdapat banyak sekali jenis kulit dengan permasalahan yang berbeda-beda. Tipe kulit yang dialami banyak orang adalah berminyak dan kering.

Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang ditandai dengan tingginya produksi sebum yang dikeluarkan kelenjar minyak kulit. Hal ini membuat rongga pori-pori pada tipe kulit ini cenderung menjadi lebih besar karena pengeluaran sebum secara berlebih. Kondisi ini membuat wajah bertekstur, kasar, terlihat kotor, dan greasy.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak, seperti fluktuasi hormon, kondisi cuaca, hingga polusi, dan paparan sinar matahari diketahui dapat menstimulasi kelenjar sebum mengeluarkan lebih banyak minyak untuk menjaga suhu kulit. Hal ini berimplikasi pada pembesaran pori-pori wajah sehingga rentan dimasuki kotoran, sehingga menjadi komedo dan jerawat.

Sementara itu, kulit kering merupakan kebalikan dari kulit berminyak. Kulit kering memiliki tingkat kelembapan yang minim akibat minimnya produksi jumlah minyak alami kulit. Biasanya, orang dengan kulit kering akan merasa efek tertarik, kemerahan, hingga iritasi. Hal ini jelas akan membuat mereka yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Salah satu faktor yang membuat kulit sering terasa kering adalah dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh yang dehidrasi akan kekurangan kapasitas cairan sehingga tidak mampu menyuplai kulit dengan kelembapan yang diperlukan.

Selain itu faktor eksternal seperti paparan sinar matahari hingga suhu dingin dapat membuat udara menjadi kering, sehingga berakhir menarik kelembapan alami dan air dari dalam kulit secara cepat.

Jelas bahwa permasalahan kulit bisa diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit (skincare). Hanya saja, setiap tipe kulit memiliki jenis dan rangkaian produk skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit tersebut.

Apalagi, perbedaan kulit berminyak dan kering jelas membuat skincare yang digunakan pun juga berbeda agar benar-benar bisa mengatasi masalah kulit secara efektif.

Untuk mengetahui perbedaan skincare malam antara kulit berminyak dan kulit kering, kamu bisa menyimak rangkaian informasi di bawah ini sebagaimana ditulis briliobeauty.net pada Selasa (20/2).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES