Hitam alami tanpa disemir, ini trik mencegah rambut dipenuhi uban pakai 1 jenis daun

Hitam alami tanpa disemir, ini trik mencegah rambut dipenuhi uban pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan setiap individu. Penuaan sejatinya akan melibatkan perubahan pada tekstur hingga fungsi organ tubuh. Pada wajah misalnya, tanda-tanda seperti keriput dan garis halus yang lambat laun semakin banyak dan jelas menjadi bagian dari proses penuaan di kulit. Sementara itu, penuaan pada rambut sendiri dapat dilihat dari kemunculan uban.

Secara ilmiah, uban merupakan kondisi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya sehingga mengalami proses pemutihan. Rambut beruban ini tumbuh akibat proses menurunnya kemampuan rambut secara bertahap dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna seiring bertambahnya umur. Rambut yang beruban sendiri biasanya dapat dengan mudah dilihat pada orang yang berumur 50 tahun ke atas.

Di samping terjadi secara alami, beberapa faktor seperti stres hingga kebiasan merokok nyatanya juag dapat mempercepat kemunculan uban. Faktor stres dapat mempengaruhi tumbuhnya uban akibat hormon kortisol yang dilepaskan oleh tubuh saat stres dapat merusak proses pembentukan pigmen di area rambut. Sementara itu, komponen nikotin di dalam rokok juga dapat menyebabkan perubahan pada rambut karena sifatnya yang merusak sel-sel kulit, termasuk sel melanosit yang memproduksi melanin.


(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES