Hasilnya terlihat kurang dari seminggu, ini cara cerahkan pigmentasi pada wajah pakai 1 bahan makanan

Hasilnya terlihat kurang dari seminggu, ini cara cerahkan pigmentasi pada wajah pakai 1 bahan makanan

Brilio.net - Pigmentasi pada wajah merupakan kondisi di mana warna kulit mengalami perubahan akibat peningkatan melanin atau pigmen yang bertanggung jawab atas warna. Penyebab timbulnya pigmentasi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama yaitu akibat paparan sinar matahari.

Sinar UV yang ada di dalam matahari ini dapat merangsang produksi melanin. Kondisi ini merupakan bentuk pertahanan alami kulit terhadap kerusakan akibat radiasi UV. Proses ini bisa menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi yaitu peningkatan kadar melanin di area tertentu, seperti bintik cokelat.

Adanya perubahan hormonal ketika masa kehamilan (melasma) dan menopause juga dapat menyebabkan pigmentasi. Hal ini bisa menimbulkan bercak hitam pada kulit wajah.

Tidak hanya itu, adanya penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat juga menimbulkan pigmentasi. Terlebih lagi, produk dengan kandungan retinoid atau alpha hydroxy acids (AHA). Bahan-bahan skincare tersebut, jika digunakan dengan cara yang tidak benar justru bisa menimbulkan sejumlah masalah bagi kulit, seperti iritasi dan memicu bintik hitam.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan pigmentasi pada wajah. Salah satunya adalah menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Selain murah dan mudah didapatkan, bahan-bahan ini aman jika digunakan untuk perawatan.

Dalam video yang berdurasi beberapa menit itu pengguna YouTube beauty with soni 305 itu menggunakan bahan utama berupa tepung besan. Bahan makanan ini memiliki tekstur lembut dan butiran kecil yang bisa dijadikan sebagai scrub, sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Adanya antioksidan di dalam bahan ini bisa merangsang produksi kolagen dan mengurangi hiperpigmentasi.

Madu sebagai bahan tambahan alami membantu melembapkan dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Sifat antiinflamasi di dalam madu mampu mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan bekas luka.

Sementara itu, kandungan asam sitrat dalam jus lemon mampu menghilangkan sel-sel kulit mati. Lalu, adanya asam askorbat ini bisa mengurangi noda hitam pada kulit. Sedangkan, antioksidan di dalam bahan ini bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES